Website Mengulas Informasi Kesehatan dan Kecantikan

10 Buah Penyubur Kandungan Agar Cepat Hamil Yang Terbukti Manjur

buah penyubur kandungan
Bagi pasangan yang sudah menikah, tentunya memiliki momongan adalah hal yang paling dinanti-nantikan. Hanya saja sayangnya, tak semua pasangan yang telah menikah bisa mendapatkan buah hati dalam waktu yang cepat. Ada yang harus menunggu berbulan-bulan bahkan hingga bertahun-tahun lamanya. Jika memang anda menginginkan untuk segera memiliki anak, maka tak ada salahnya untuk mengkonsumsi buah-buahan yang membantu kesuburan. Buah-buahan yang membantu menyuburkan ini memiliki kandungan yang kaya akan vitamin, mineral, antioksidan, dan phytonutrient yang sangat penting bagi kesuburan baik wanita maupun pria.

Ini Dia Jenis Buah Penyubur Kandungan

Buah-buahan penyubur ini tak hanya baik bagi kandungan saja namun juga dapat menyuburkan janin yang ada di dalam kandungan. Nutrisi di dalam buah-buahan ini nantinya akan bekerja untuk mempertahankan keseimbangan asam basa dan hormone yang sangat bermanfaat bagi kesuburan. Lalu apa saja buah yang dapat membantu menyuburkan kandungan? Berikut ini penjelasannya.

1. Mangga

buah penyubur kandungan dengan mangga

Mangga memiliki kandungan yang kaya akan antioksidan, karoten, dan nutrisi lainnya seperti vitamin B, vitamin C, vitamin E, tembaga, riboflavin, potassium, magnesium, thiamine, dan asam folat. Dan tak hanya itu saja, buah mangga juga kaya akan serat yang sifatnya larut dan tidak larut. Kelebihan lainnya yang dimiliki buah mangga terdapat pada kandungan enzim proteolitiknya yang mana mampu mencerna protein dan enzim lainnya sehingga membantu memperbaiki sistem pencernaan. Dan untuk vitamin A nya membantu tubuh terhindar dari infeksi. Anda bisa mengkonsumsi buah mangga secara langsung maupun diolah menjadi salad, sup dingin, hingga smoothie.

2. Jambu biji

Jambu biji juga menjadi salah satu buah yang membantu menyuburkan kandungan. Jambu biji tak hanya memiliki kandungan yang kaya akan vitamin C saja, di dalamnya mengandung antioksidan dan likopen. Vitamin C dalam jambu biji dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memperbaiki sistem pencernaan, mengurangi stress, dan melindungi DNA dari resiko keruskaan.
Kandungan mangan di dalam jambu biji juga membantu tubuh untuk menyerap berbagai nutrisi penting yang ada di dalam makanan yang dikonsumsi. Jambu biji membantu tubuh menghasilkan energi. Kandungan potassium didalamnya setara 1 buah pisang. Bagi anda yang mengalami tiroid, jambu biji sangat bermanfaat karena kandungan mineral tembaganya. Daging buah jambu dapat anda konsumsi langsung, ataupun diolah menjadi jus ataupun smoothie.

3. Nanas

buah penyubur kandungan dengan nanas

Nanas diperkaya dengan kandungan vitamin A, C, fosfor, kalsium, dan potassium. Buah penyubur kandungan ini memiliki kandungan mangan yang mana menjadi mineral penting yang membantu tubuh menyerap berbagai nutrisi penting dari makanan yang dikonsumsi. Hal yang perlu anda ketahui adalah, salah satu faktor yang dapat menyebabkan infertilitas terjadi disebabkan rendahnya kadar mangan yang ada di dalam tubuh. Tak hanya itu saja, nanas juga mengandung bromelain yang dapatb membantu sistem pencernaan dan menurunkan bengkak dan radang yang menyebabkan masalah kesuburan. Anda bisa mengkonsumsi 1-2 potong buah nanas di jam-jam makan. Lakukan cara ini setelah ovulasi hingga mendapatkan menstruasi agar meningkatkan keberhasilan implantasi. Namun perlu diingat, jangan pula mengkonsumsi buah nanas secara berlebih karena juga tidak baik bagi kesehatan.

4. Alpukat

Meskipun tidak memiliki kalori yang rendah, namun buah penyubur kandungan ini merupakan sumber omega-9 yang sangat baik bagi kesehatan dan perkembangan sel telur dan sperma. Meskipun anda mengkonsumsi 1 buah alpukat setiap harinya, hal ini tidak akan merusak diet. Kandungan vitamin C nya juga dapat melindungi sperma dari resiko kerusakan oskidasi.
Buah alpukat juga dikenal karena kandungan plant stero yang dapat menghalangi penyerapan hormon estrogon dan xenoestrogen yang berlebihan. Dan tak hanya itu saja, ada banyak nutrisi penting yang terkandung dalam buah alpukat, antara lain adalah:

  • Vitamin B, termasuk B6 yang berfungsi untuk meregulasi produksi hormone
  • Vitamin E, berfungsi menstabilkan serta melindungi sel-sel dari bahaya oksidasi
  • Potassium, berfungsi mengatur tekanan darah
  • Serat dan gula karbohidratyang rendah

5. Pepaya

buah penyubur kandungan dengan pepaya

Buah lainnya yang dapat membantu menyuburkan kandungan adalah pepaya. Papaya memiliki kandungan antioksidan yang sangat baik melindungi sel sperma dan telur. Buah ini juga menjadi sumber asam folat, potassium, serat, vitamin A, dan vitamin C. Pepaya juga memiliki kandungan vitamin E dan antioksidan yang sangat penting untuk melindungi penyatuan antara DNA sel telur dan sperma. Selain itu, indeks glikemik yang rendah juga cocok dikonsumsi bagi anda yang menderita diabetes.
Nutrisi yang cukup penting dan unggulan dalam buah papaya adalah enzim papain yang dapat meredakan rasa sakit, anti radang, serta anti koagulan. Bagi pasangan yang memiliki alergi tertentu, papaya sangat cocok dikonsumsi karena meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

6. Jeruk

Jeruk memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi yang membantu memproduksi sel telur dari ovarium. Tak hanya itu saja, jeruk juga kaya akan kalsium, potassium, asam folat, yang dapat merangsang proses kehamilan dikarenakan melancarkan siklus ovulasi. Paling tidak, anda bisa mengkonsumsi 1 porsi jeruk setiap harinya agar dapat mempercepat proses kehamilan.

7. Pisang

Bagi anda wanita yang memiliki masalah tentang siklus haid yang tidak teratur tentunya akan beresiko mengalami komplikasi kehamilan. Sehingga bagi anda yang sedang melakukan program kehamilan, maka rajin-rajinlah untuk mengkonsumsi pisang karena buah penyubur kandungan ini memiliki kandungan vitamin B6. Kandungannya ini tak hanya dapat melancarkan siklus haid namun juga meningkatkan kesuburan. Untuk itu lah, anda bisa memasukkan pisang sebagai menu makanan sehari-hari.

8. Berry

buah penyubur kandungan dengan buah berry

Buah-buahan yang masuk ke dalam kategori berry seperti blueberry dan raspberry mengandung antioksidan serta phytonutrient yang mana dapat meningkatkan kesuburan pada pria dan wanita. Sama halnya seperti jeruk, berry juga memiliki kandungan vitamin C dan asam folat yang tinggi yang dapat membantu perkembangan janin di dalam kandungan. Sumber serat yang tinggi juga sangat bermanfaat bagi anda yang sedang diet.

9. Semangka

Buah semangka mengandung air yang cukup tinggi yang dapat membantu tubuh terhindar dari dehidrasi. Semangka termasuk buah yang memiliki peran penting untuk mempercepat proses kehamilan. Selain itu buah semangka juga mengandung senyawa situlin yang mana dapat meningkatkan gairah seksual baik pria dan wanita. Selain itu senyawa ini juga memiliki manfaat untuk meningkatkan nitrit oksida yang mana memiliki peran untuk meningkatkan kualitas sistem reproduksi pria.

10. Kurma

Buah lainnya yang dapat membantu proses kehamilan adalah buah kurma. Kurma memiliki kandungan magnesium, serat, zat besi, kalium, dan vitamin B kompleks. Apalagi untuk kurma dipercaya memiliki manfaat lebih efektif karena mengandung nutrisi yang lebih tinggi. namun anda perlu mengolahnya terlebih dahulu agar dapat menyamarkan rasa pahit.

Nah itu tadi beberapa buah penyubur kandungan yang direkomendasikan. Anda bisa memasukkan buah-buahan ini sebagai menu makanan sehari hari untuk membantu mempercepat proses kehamilan. Semoga informasi diatas bermanfaat untuk anda.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.