Website Mengulas Informasi Kesehatan dan Kecantikan

5 Buah Untuk Ibu Menyusui Yang Sehat Untuk Bayi Dan Tumbuh Kembangnya

buah untuk ibu menyusui

Menjalani proses kehamilan sebagai seorang wanita, tentu menjadi fase yang dapat dikatakan susah-susah gampang. Terlebih lagi, bagi ibu muda yang memang mengalami kehamilan di usia yang begitu muda tentu akan sangat mudah panik mengatasi kehamilan dan pascakehamilan. Setelah melewati fase melahirkan, tentu sang ibu harus mulai memutar otak dan mencari solusi agar produksi asi dapat melimpah. Salah satu caranya adalah dengan banyak mengonsumsi buah-buahan.

Mengalami masa-masa dimana ASI sangat sulit diproduksi di dalam tubuh karena kurangnya asupan buah yang tepat untuk ibu hamil. Tentu menjadi momok menakutkan bagi apra ibu muda. ASI yang tidak lancar dan membuat bayi menjadi kesulitan memperoleh ASI yang mencukupi. Biasanya produksi ASI yang mampet dipengaruhi oleh sejumlah faktor, seperti kelelahan, pil KB, diet, atau kurangnya asupan makanan.

Di masa-masa kehamilan, memang ibu hamil banyak diberikan pantangan dan juga anjuran untuk menjaga menu makanan yang hendak dikonsumsi. Terlebih lagi, ketika sudah masa menyusui akan ada banyak pantangan dan juga sejumlah anjuran yang harus diterapkan oleh para ibu menyusui. Tentunya anjuran-anjuran tersebut akan sangat berguna bagi ibu menyusui.

Buah untuk ibu menyusui tentu bukanlah buah yang sembarangan bisa dikonsumsi begitu saja. Sang ibu harus banyak mencari tahu informasi mengenai buah-buahan yang tepat yang bisa dikonsumsi selama masa menyusui bayi. Dengan rutin mengonsumsi buah-buahan yang memang dianjurkan untuk memperlancar ASI, produksi akan ASI mungkin bisa jauh lebih banyak dibandingkan dengan yang tidak rutin atau sama sekali tidak mengonsumsi buah.

Buah Untuk Ibu Menyusui Yang Baik Dan Menyehatkan

Seperti yang diketahui, dari sekian banyak jenis buah. Ada buah-buahan tertentu yang memang benar-benar memiliki khasiat sebagai pelancar ASI. Jenis buah untuk ibu menyusui ini sangat-sangat dianjurkan karena dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI sang ibu sehingga tidak perlu lagi khawatir ASI mampet. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak menyusui sang buah hati hingga tercukupi akan ASI-nya hanya gara-gara produksi ASI yang tidak lancar. Selain menguntungkan bagi buah hati karena mendapat asupan ASI eksklusif. Sang ibu nyatanya juga mendapat keuntungan dari aktivitas menyusui yang dilakukan, seperti terjauhkan dari berbagai macam penyakit yang berbahaya dan dapat mematikan.

Berdasarkan penelitian, sudah dikatakan dan dianjurkan bahwa seorang ibu menyusui itu diwajibkan untuk mengonsumsi buah sebanyak 2-4 porsi buah untuk setiap harinya. Alasan terkuatnya adalah tubuh sang ibu yang menyusui memerlukan lebih banyak asupan vitamin dan mineral, seperti folat, protein, iodin, zinc, vitamin A, vitamin B6, dan vitamin C. Kandungan semacam itu banyak terkandung di dalam buah-buahan segar.

Kini, Anda hanya perlu mengetahui jenis buah apa saja yang cocok dan memang dianjurkan untuk memperlancar ASI. Dengan demikian, aktivitas menyusui Anda tidak akan berjalan secara sia-sia dan dapat memberikan kesehatan yang maksimal bagi buah hati tercinta. Beriku beberapa buah yang baik untuk ibu menyusui, antara lain.

1. Jeruk

buah untuk ibu menyusui dengan jeruk

Buah jeruk diketahui mengandung banyak vitamin C bagi tubuh. Ketika menyusui, ibu menyusui sangat memerlukan vitamin C yang jauh lebih banyak dari sebelumnya. Vitamin C yang diperlukan sangat membantu pertumbuhan tulang, gigi, dan otot bayi. Jeruk juga berguna untuk mendongkrak perbaikan jaringan otot pada ibu menyusui. Namun, harap diperhatikan jika ada reaksi pada bayi ketika mengonsumsi jeruk yang cenderung memiliki rasa asam. Jika terjadi reaksi, sebaiknya kurangi atau hentikan mengonsumsi buah ini dan ganti dengan buah lainnya.

2. Pepaya Hijau

Buah pepaya hijau ternyata memiliki khasiat bagi ibu menyusui. Pepaya hijau merupakan sumber galactogogue yang mampu mendongkrak produksi ASI bagi ibu menyusui. Agar bisa dikonsumsi dengan lebih lunak, maka Anda bisa merebusnya.

3. Strawberry

buah untuk ibu menyusui dengan strowberry

Buah yang satu ini memiliki kandungan vitamin C yang cukup banyak. Selain itu, buah ini juga memiliki kandungan air yang dapat membantu mengatasi dehidrasi pada tubuh. Meski tak berpengaruh pada kuantitas ASI, dehidrasi dapat menyebabkan sakit kepala hingga pingsan pada ibu yang sedang menyusui.

4. Pisang

buah untuk ibu menyusui dengan pisang

Buah pisang adalah buah yang cukup mudah ditemukan di wilayah Indonesia. Bagi ibu menyusui, kandungan potasium sangat dibutuhkan. Kandungan potasium dapat menjaga cairan dan elektrolit agar tetap dalam kondisi seimbang. Kadar potasium yang dibutuhkan oleh ibu menyusui berkisar 5.100 mg potasium. Namun, jika Anda tidak menyukai buah yang satu ini. Anda juga bisa menggantikannya dengan buah alpukat.

5. Alpukat

buah untuk ibu menyusui dengan alpukat

Ketika ditanya, buah apa yang sering dikonsumsi oleh ibu menyusui. Maka, sebagian orang akan menjawab bahwa alpukat adalah buah yang sering mereka konsumsi. Karena ternyata, kandungan potasium dalam pisang kalah unggul dibandingkan buah alpukat. Buah alpukat dapat memberikan 975 mg potasium bagi ibu menyusui. Protein dan asam amino dalam buah alpukat juga sangat penting bagi pembentukan sel bayi.

Jika Anda adalah tipe pemilih untuk mengonsumsi makanan, buah, atau segala macam yang dikonsumsi oleh tubuh. Maka Anda bisa memilih salah satu atau beberapa dari jenis buah untuk ibu menyusui yang sekiranya Anda sukai atau inginkan sebagai pemenuh nutrisi ibu dan bayi Anda. Jangan khawatir dan bingung, karena Anda bisa menyesuaikannya dengan tubuh Anda dan si buah hati.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.