Website Mengulas Informasi Kesehatan dan Kecantikan

15 Cara Diet Ibu Menyusui Yang Sehat, Aman Dan Alami

cara diet ibu menyusuiBagi setiap wanita, kondisi setelah melahirkan memang memiliki satu kecenderungan yaitu berkurangnya rasa percaya diri dengan bentuk tubuh yang lebih gemuk dari semula. Permasalahan ini akhirnya menimbulkan keinginan untuk melakukan program penurunan berat badan atau yang biasa dikenal dengan diet. Namun, sebagai seorang ibu yang harus menyusui dan memberikan nutrisi penting bagi si kecil tentunya diet tidak bisa sembarangan dilakukan. Untuk itu, beberapa cara diet ibu menyusui yang aman sudah direkomendasikan pakar kesehatan ibu dan anak agar sang ibu juga bisa memperoleh berat ideal tanpa mengorbankan si kecil.

Inilah Cara Diet Ibu Menyusui Yang Aman

Cara diet biasanya direkomendasikan berdasarkan kondisi umum sang ibu dan si kecil yang harus menerima asupan ASI seimbang. Ibu menyusui harus tetap memerhatikan kebutuhan gizi si kecil meskipun tengah melakukan penurunan berat badan dengan diet. Nah, berikut ini adalah beberapa cara diet ibu menyusui yang bisa anda terapkan untuk mendapatkan berat ideal anda. Mari simak selengkapnya!

1. Jauhi Makanan yang Terkontaminasi

Diet ibu menyusui yang pertama adalah dengan menjauhi jenis makanan yang mengandung kontaminasi bahan kimia. Tidak dilarang bagi anda untuk mengonsumsi buah dan sayuran yang jelas baik untuk program diet. Namun, sebaiknya pilihlah buah atau sayuran organik atau yang melalui media penanaman hidroponik untuk mengurangi paparan bahan kimia seperti pestisida atau yang lainnya. Langkah ini sebagai cara terbaik untuk diet anda dan kualitas ASI yang nantinya tetap anda berikan pada si kecil.

2. Sumber Lemak Sehat

Meskipun lemak banyak dihindari oleh mereka yang ingin kurus, namun kondisinya berbeda bila terjadi pada ibu menyusui. Ya, bagi ibu menyusui lemak dibutuhkan sebagai nutrisi yang mampu meningkatkan energi. Lemak yang bisa dikonsumsi adalah jenis lemak sehat yang terdapat dalam minyak canola, alpukat, dan kacang-kacangan.

3. Ikan Kaya Omega 3

cara diet ibu menyusui dengan ikan kaya omega 3

Konsumsi jenis ikan yang mengandung Omega 3, juga disarankan bagi ibu menyusui yang tengah menjalankan program diet. Cara diet ibu menyusui bisa dengan tetap mengonsumsi ikan ber-omega3 seperti salmon, tuna, lele, nila, dan udang.

4. Perhatikan Keseimbangan Nutrisi Makanan

Rasa lapar yang seringkali melanda memang merupakan godaan bagi ibu menyusui yang ingin menurunkan berat badan. Namun, hal tersebut bisa diatasi dengan tetap memperhatikan keseimbangan nutrisi makanan yang diserap tubuh. Pastikan anda tetap memberikan porsi yang tepat untuk mengonsumsi karbohidrat, protein, serta lemak sehat untuk mencukupi kebutuhan nutrisi bayi sekaligus menjaga program diet anda berjalan lancar.

5. Minum Air Putih Secukupnya

cara diet ibu menyusui dengan minum banyak air

Mengonsumsi air putih dalam batas yang dibutuhkan oleh tubuh akan membantu proses metabolisme di dalam tubuh menjadi lancar. Dengan tetap memenuhi kebutuhan air untuk tubuh, maka ibu menyusui bisa juga menjaga berat badan secara ideal.

6. Tiga Warna Sayuran

Penting bagi ibu menyusui untuk tetap menjaga konsumsi vitamin dan mineral setiap hari dengan menerapkan tiga warna sayuran sebagai kunci utama. Sayuran berwarna mengandung banyak mineral alami dan antioksidan untuk kesehatan ibu dan bayi. Beberapa jenis sayuran berwarna yang disarankan seperti kombinasi jagung, bayam, dan kembang kol. Atau dengan kombinasi wortel, brokoli dan asparagus.

7. Protein Seimbang

Protein dibutuhkan tubuh guna membangun struktur tubuh serta perbaikan sel yang rusak. Protein juga penting bagi si kecil sebagai nutrisi untuk pertumbuhannya, sehingga ibu menyusui juga disarankan tetap mengonsumsi protein seimbang meskipun sedang menjalankan diet. Diet sehat ibu menyusui juga bisa dilakukan dengan tetap konsumsi protein yang biasanya terkandung dalam daging ayam, telur, biji-bijian, kacang-kacangan, dan susu rendah lemak.

8. Aturlah Porsi Makanan

Mengatur porsi makanan dan berusaha makan dengan menggunakan piring atau wadah yang kecil juga menjadi cara diet ibu menyusui yang bisa anda terapkan. Pada umumnya, seorang ibu menyusui akan mengonsumsi makanan dalam jumlah yang banyak sebagai langkah utama memberikan jumlah ASI yang banyak pula pada si kecil.

Faktanya, pada tubuh masih tersimpan cadangan kalori yang cukup guna memenuhi kebutuhan ibu dalam mempersiapkan ASI. Anda bisa mengurangi porsi makanan ketika menjalankan diet saat menyusui, namun ganti porsi makanan tersebut dengan nutrisi seimbang antara karbohidrat, lemak, serat, protein, serta vitamin.

9. Usahakan Tetap Memberi ASI

ASI merupakan nutrisi utama yang dibutuhkan oleh bayi baru lahir. Sebagai ibu menyusui, sudah menjadi tugas anda untuk memberikan ASI setiap saat bayi membutuhkannya hingga usia 2 tahun. Meskipun pada prosesnya, anda juga menerapkan berbagai cara diet ibu menyusui namun pemenuhan ASI bagi si kecil tetap harus seimbang dengan asupan gizi yang tepat.

10. Batasi Kafein

cara diet ibu menyusui dengan batasi kafein

Bila sebelumnya anda termasuk seseorang yang gemar mengonsumsi minuman berkafein, sebaiknya batasi jenis minuman yang demikian. Kandungan kafein jika dikonsumsi oleh ibu menyusui akan berisiko pada penumpukan kafein dalam tubuh si kecil. Kafein juga bisa mengancam kesehatan organ hati dan ginjal bila terlalu lama tersimpan dalam tubuh. Jenis minuman berkafein selain kopi antara lain seperti teh dan cokelat sebaiknya dihindari selama anda menyusui.

11. Kurangi Pemanis

Mengurangi konsumsi makanan yang manis adalah langkah yang tepat bagi anda ketika menjalankan diet. Terutama bagi anda yang gemar dengan makanan atau minuman kemasan yang mengandung pemanis buatan. Tahukah anda? bahwa pemanis buatan selain berbahaya bagi kesehatan juga bisa menyebabkan kegemukan, meningkatkan kadar gula darah, dan menghambat metabolisme tubuh.

12. Kunyah Makanan Dengan Benar

Mengunyah makanan dengan benar akan berpengaruh besar pada sistem pencernaan anda. Semakin halus anda mengunyah makanan, maka kinerja saluran pencernaan akan semakin mudah dan mempercepat sisa makanan yang tidak terpakai untuk bisa dibuang. Secara otomatis, kebiasaan mengunyah makanan dengan benar ini juga akan membantu mengecilkan perut buncit anda lho!

13. Aktif dan Berolahraga

cara diet ibu menyusui dengan aktif berolahraga

Giat atau aktif dalam melakukan aktifitas sehari-hari juga menjadi kunci penting diet yang berhasil bagi ibu menyusui. Anda bisa memulainya dengan gerakan santai seperti menyapu atau mengepel lantai dan menggunakan tangga daripada lift. Dengan aktif bergerak, anda bisa mengurangi penumpukan lemak dalam tubuh. Selain itu, anjuran untuk berolahraga juga masuk ke dalam program diet untuk ibu menyusui. Jadi, lakukan keduanya secara seimbang untuk mendapatkan hasil yang optimal.

14. Kelola Stres dan Istirahat Cukup

Mengelola stres sangat berpengaruh pada keberhasilan diet yang anda lakukan ketika menyusui. Seperti yang kita ketahui, stres bisa menyebabkan nafsu makan bertambah atau justru mengurangi nafsu makan yang akan memicu ketidakstabilan metabolisme. Maka dari itu, kelola stres dengan baik dan beristirahat dengan cukup untuk menjaga keseimbangan metabolisme tubuh anda.

15. Buah-buahan Pelengkap

Buah memang merupakan asupan penting tidak hanya bagi anda yang sedang melakukan program diet. Untuk menjaga kesehatan tubuh dan mengatur keseimbangan nutrisi tubuh, buah menjadi asupan yang sangat dibutuhkan. Bagi anda yang tengah menyusui dan menjalankan program diet saat menyusui sebaiknya atur pilihan buah yang harus dikonsumsi setiap harinya. Cobalah mengonsumsi tiga jenis buah dengan kombinasi buah berkadar gula tinggi dan kaya serat, buah dengan antioksidan dan yang terakhir buah dengan vitamin bermanfaat.

Beberapa cara diet ibu menyusui yang telah dipaparkan diatas bisa anda terapkan dengan mudah sambil tetap menjalankan kewajiban dalam memberi ASI untuk si kecil. Dengan menerapkan menu diet ibu menyusui yang tepat dan aman, anda bisa mendapatkan hasil optimal berupa berat badan ideal serta nutrisi si kecil yang terpenuhi dengan baik. Selamat mencoba ya!

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.