Website Mengulas Informasi Kesehatan dan Kecantikan

10 Cara Mengatasi Bau Mulut Yang Tidak Sedap Dan Kronis Yang Ampuh

cara mengatasi bau mulutBanyak orang yang merasa tidak nyaman dan malu saat memiliki masalah bau mulut, terutama bagi mereka yang diharuskan untuk sering berbicara dengan banyak orang setiap harinya. Tentunya bau mulut akan sangat menganggu dan membuat percaya diri semakin menurun.
Masalah bau mulut seperti ini tentunya tidak bisa dibiarkan begitu saja, apalagi jika sampai menganggu kegiatan anda sehari-hari. Jika anda sedang mengalami masalah bau mulut yang menganggu, kebanyakan dari anda mungkin akan memilih menggunakan mouthwash sebagai solusi. Akan tetapi, penggunaan mouthwash dalam jangka panjang tentu saja akan berdampak bagi kesehatan gigi kedepannya.

Inilah Cara Mengatasi Bau Mulut Alami Tanpa Obat

Anda bisa mencoba cara-cara yang lebih alami dan aman sebagai salah satu solusi alternatif untuk mengatasi bau mulut. Apa saja tipsnya? Yuk kita simak.

1. Sering Menyikat Gigi

Plak yang menumpuk hingga lengket pada gigi dapat menyebabkan terkumpulnya bakteri yang menjadi pemicu bau mulut. Makanan yang terselip diantara gigi juga menjadi faktor tambahan yang dapat menyebabkan bau mulut bertambah parah. Untuk itu, anda harus rutin menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Caranya pun sangat mudah, anda harus menyikat gigi 2 kali setiap harinya. Gunakan pasta gigi yang memiliki kandungan mouthwash sehingga dapat sekaligus menyegarkan mulut anda.
Bahkan jika perlu gunakan benang (dental floss) untuk membersihkan di sela-sela gigi. Bagi anda yang mengalami masalah bau mulut, lakukan kedua perawatan ini lebih sering untuk menjaga bau mulut anda tetap segar. Namun juga jangan melakukannya berlebihan karena akan membuat gigi menjadi cepat rusak dan rentan mengalami pembusukan.

2. Bersihkan Lidah

cara mengatasi bau mulut dengan bersihkan lidah

Lapisan yang terbentuk pada lidah biasanya akan menjadi tempat berkembangnya bakteri yang menyebabkan bau mulut. Sehingga untuk mengatasi bau mulut yang menganggu, anda bisa menciba untuk membersihkan lidah anda secara rutin. Bersihkan lidah menggunakan sikat gigi secara perlahan. Jika sikat gigi yang anda gunakan terlalu besar untuk membersihkan lidah dengan nyaman, maka cobalah untuk menggunakan pengikis. Alat ini memang dirancang khusus membersihkan area yang ada di permukaan lidah, sisa-sisa makanan, sel-sel mati, hingga menghilangkan bakteri.

3. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Air putih memiliki peranan yang sangat penting bagi kesehatan, termasuk kesehatan gigi dan mulut. Mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup efektif mencegah tubuh agar tidak mengalami dehidrasi. Kondisi dehidrasi yang ditandai dengan mulut yang kering dapat memicu munculnya bau mulut yang tidak sedap karena bakteri dapat mudah berkembang biak dengan cepat. Untuk itu lah ada baiknya jika anda memperhatikan konsumsi air putih sehari-hari.

Menurut para ahli, minimal minumlah air putih sebanyak 8-10 gelas atau setara 2 liter air. Lebih banyak mengkonsumsi air putih tentu akan lebih baik. Tak hanya dapat mengatasi bau mulut, namun juga berperan penting dalam membantu proses pembuangan racun di dalam tubuh mellaui bentuk urine.

4. Rutin Membersihkan Kawat Gigi

cara mengatasi bau mulut dengan rutin membersihkan kawat gigi

Bagi anda yang menggunakan kawat gigi, maka usahakan untuk rutin membersihkan kawat gigi yang anda gunakan. Penggunaan kawat gigi dapat memicu sela-sela di area mulut. Sehingga perhatikan kondisi kawat gigi yang anda gunakan, terutama dari sisa-sisa makanan yang tertinggal di sela-sela gigi. Hal ini jika tidak dibersihkan dengan baik maka tentunya menyebabkan bau mulut yang kurang sedap.

5. Perbanyak Konsumsi Buah Yang Kaya Akan Vitamin C

Cara mengatasi bau mulut lainnya yang bisa anda lakukan adalah dengan memperbanyak konsumsi buah-buahan yang kaya akan vitamin C. meskipun cara ini memang kurang begitu populer, namun jika digunakan secara rutin dapat efektif mengatasi bau mulut. Kandungan vitamin C ini dapat berfungsi sebagai penetral dan mengikis bau mulut. Meskipun hasilnya tidak cepat namun sangat direkomendasikan untuk dilakukan secara rutin.

Keuntungan lain dari mengkonsumsi buah-buahan ini adalah aroma segar yang khas dari vitamin C ini dapat menyamarkan bau mulut yang kurang sedap. Sehingga semakin sering anda mengkonsumsi buah-buahan yang kaya akan vitamin C, maka tentu saja bau mulut akan semakin tersamarkan. Ada banyak buah-bauahn yang direkomendasikan untuk dikonsumsi saat mengalami bau mulut, seperti:

  • Strawberry
  • Lemon
  • Jeruk
  • Apel
  • Alpukat
  • Pir
  • Jambu biji
  • Dan lainnya

6. Green Tea

cara mengatasi bau mulut dengan green tea

Seperti penjelasan sebelumnya, bau mulut dapat muncul diakibatkan kuman dan bakteri yang bersarang di dalam mulut. Oleh karena itu, untuk mengatasinya konsumsilah green tea atau teh hijau yang mana mengandung catechin yang cukup tinggi. Senyawa ini efektif untuk membunuh dan mengatasi bakteri serta kuman yang menjadi penyebab bau mulut. Anda bisa mengkonsumsi green tea minimal 2-3 kali sehari. Sehingga bau mulut yang anda alami akan menghilang dan nafas menjadi lebih segar. Namun tentu saja cara ini harus diiringi dengan pola hidup bersih dengan rajin menyikat gigi, berkumur dengan obat kumur, dan hal lainnya yang menghindarkan bau mulut.

7. Hindari Mengkonsumsi Makanan Yang Bearoma Tajam

Jika anda memiliki masalah yang cukup parah dengan bau mulut, maka usahakan untuk menghindari mengkonsumsi makanan-makanan dengan aroma yang tajam. Hal ini bertujuan agar tidak memperparah kondisi bau mulut anda. berikut ini beberapa contoh makanan dengan aroma tajam yang wajib anda hindari saat mengalami masalah bau mulut.

  • Petai
  • Durian
  • Jengkol
  • Dan lainnya

Cara ini memang tidak bisa menghilangkan bau mulut, namun untuk mengurangi resiko memperparah bau mulut menjadi kurang sedap.

8. Permen Karet Bebas Gula

cara mengatasi bau mulut dengan permen karet

Cara lainnya yang bisa anda lakukan untuk mengatasi bau mulut yang kurang sedap adalah dengan mengkonsumsi permen karet yang bebas gula. Mengapa? Banyak pakar keseharan gigi yang menjelaskan jika permen karet bebas gula membantu memberikan pertahanan pada asam plak secara alami yang mana menjadi penyebab munculnya bau mulut serta kerusakan gigi. Cara ini akan merangsang mulut memproduksi lebih banyak lagi air liur di dalam mulut.

9. Hentikan Kebiasaan Merokok

Merokok tak hanya dapat menyebabkan bahaya kesehatan seperti kanker, namun kebiasaan merokok yang dilakukan terlalu sering juga dapat merusak gusi, menodai gigi, hingga menyebabkan bau mulut. Sehingga bagi anda yang memang memiliki kebiasaan merokok yang cukup aktif, akan lebih baik untuk dikurangi atau dihentikan.

10. Basahi Mulut Dengan Air

Anda dapat mengalami kerusakan gigi hingga bau mulut saat kondisi mulut tak menghasilkan air liur yang cukup. Cara alami untuk mengatasi bau mulut ini dapat anda coba dengan mengkonsumsi banyak air saat siang hari, terutama jika mulut sedang kering. Anda juga bisa mempertimbangkan menggunakan humidifier saat malam hari untuk melembabkan udara yang ada di dalam rumah.

Nah itu tadi beberapa cara mengatasi bau mulut yang bisa anda lakukan. Yang paling terpenting adalah jaga selalu kebersihan gigi dan mulut secara rutin sehingga bau mulut tetap terjaga kesegarannya. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi anda.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.