Website Mengulas Informasi Kesehatan dan Kecantikan

15 Cara Mengatasi Sembelit Pada Bayi Paling Ampuh, Aman Dan Alami

cara mengatasi sembelit pada bayi

Kasus sembelit bisa dijumpai tidak hanya pada orang dewasa tetapi juga anak-anak, termasuk bayi. Banyak bayi yang justru mengalami sembelit karena pada dasarnya usia bayi masih belum banyak disarankan untuk mengonsumsi makanan berserat. Kurangnya makanan berserat yang menyebabkan bayi mengalami sembelit juga menjadi kekhawatiran tersendiri bagi sang ibu.

Cara Mengatasi Sembelit Pada Bayi Dengan Bahan Rumahan

Bayi tergolong rentan dengan obat. Biasanya, untuk mengatasi sembelit pada bayi, sang ibu hanya berani memberikan pengobatan dari luar saja. Nah, seperti apa cara mengatasi sembelit pada bayi yang disarankan dan aman untuk dipraktikkan? Berikut infonya untuk anda!

1. Kurangi Kekentalan Susu Formula

Sembelit yang dialami si kecil kemungkinan merupakan dampak dari pemberian susu formula yang berlebihan. Anda bisa mengurangi kekentalan susu formula yang diberikan untuk sementara waktu. Perhatikan ketika takaran sudah dikurangi , bila masih terjadi sembelit pada bayi maka sebaiknya hentikan pemberian susu formula tersebut.

2. Perubahan Diet

cara mengatasi sembelit pada bayi dengan perubahan diet

Bagi ibu yang masih memberikan ASI kepada si kecil, bisa jadi ada yang salah dengan asupan makanan sang ibu. Masalah ini disebut sebagai lintas nutrisi, karena secara otomatis makanan yang dikonsumsi sang ibu akan berdampak pada si bayi. Sebaiknya, kurangi pola makan yang sering mengonsumsi makanan dengan kandungan gas seperti kol, kubis, terong dan sebagainya. Makanan yang lebih disarankan saat ibu harus melakukan perubahan diet seperti ini adalah bayam, brokoli, jeruk atau buah yang kaya serat lainnya.

3. Terapkan Cara Diet Ibu Menyusui

Masih untuk ibu yang menyusui, jika memang si bayi mengalami sembelit terlalu sering bisa jadi penyebabnya adalah pola diet yang salah dari ibunya. Terapkan pola diet ibu menyusui sesuai dengan saran dokter yang merawat anda. Berkonsultasi tentang kondisi bayi dan meminta saran untuk pola diet yang tepat.

4. Hindari Makanan Padat

Mengatasi sembelit pada bayi juga bisa dilakukan dengan mengurangi asupan makanan bertekstur padat. Misalnya, ketika bayi sudah mulai boleh diberikan Makanan Pendamping ASI. Sebaiknya, hindari makanan bertekstur padat karena pada dasarnya sistem pencernaan si kecil belum mampu menerima makanan tersebut.

5. ASI Ekslusif

cara mengatasi sembelit pada bayi dengan asi exklusif

Pemberian ASI secara eksklusif merupakan kebutuhan yang sangat disarankan oleh banyak pakar kesehatan. ASI eksklusif secara otomatis mengandung antibodi alami untuk membantu kinerja sistem pencernaan bayi. Kandungan nutrisi yang sempurna seperti lemak dan protein yang ada pada ASI akan sangat bermanfaat mengurangi risiko sembelit pada bayi. Sistem pencernaan bayi akan mencerna lemak dan memberikan efek pada perut bayi, sehingga tidak merasakan sembelit berlebihan.

6. Berikan Cukup Serat

Cara mengatasi sembelit pada bayi selanjutnya adalah dengan memberikannya makanan berserat. Saran ini khusus bagi bayi yang sudah mampu mencerna makanan padat saja. Coba sesekali berikan makanan yang mengandung serat tinggi seperti pisang, beras merah, bubur, wortel, dan sebagainya. Dengan mencukupi kebutuhan serat pada bayi secara rutin setiap dua hari sekali, bayi bisa terhindar dari sembelit.

7. Memijat Perut Bayi

Metode pemijatan pada perut bayi ini dilakukan dengan sangat pelan, mengingat kulit dan tubuh bayi yang masih lemah. Cobalah mengoleskan minyak kayu putih atau minyak telon pada bayi kemudian pijat perlahan dan lembut. Langkah ini bisa membantu bayi untuk lebih rileks dan tidak rewel ketika merasakan sembelit.

8. Ganti Susu Formula

cara mengatasi sembelit pada bayi dengan susu formula

Seperti penjelasan sebelumnya, sembelit juga bisa disebabkan karena kandungan susu formula yang tidak cocok. Seorang bayi bisa saja intoleran pada jenis susu tertentu. Oleh sebab itu, bila anda menemukan fakta demikian, sebaiknya ganti susu formula dengan rekomendasi susu lainnya sesuai petunjuk dokter.

9. Jus Buah Pir

Jus buah pir bisa diberikan pada bayi setidaknya sebanyak 5 sendok makan saja per hari. Jus ini juga hanya bisa diberikan pada bayi yang memang sudah mampu menerima buah-buahan sebagai makanan.Kandungan vitamin C dalam buah yang kaya serat ini akan membantu menghilangkan sembelit.

10. Gerakan Ringan

Gerakan ringan untuk membantu bayi merasa nyaman bisa ibu terapkan. Biasanya gerakan ini akan membantu tubuh bayi merasa ingin buang air besar tanpa harus tersiksa oleh sembelit dalam waktu yang lama.

11. Mandi Air Hangat

cara mengatasi sembelit pada bayi dengan mandi air hangat

Mungkin cara ini sudah dilakukan setiap harinya. Ya, dengan memandikan bayi menggunakan air hangat anda sudah berusaha untuk mencegah sembelit pada bayi. Jangan lupa pijat dengan lembut ketika bayi dimandikan dengan air hangat. Gerakan yang lembut akan merangsang bayi untuk buang air setelah mandi terselesaikan.

12. Diet Sehat Untuk Bayi

Bayi yang sudah mulai mampu menerima makanan selain ASI, tentunya akan selalu menginginkan berbagai jenis makanan lainnya. Hal ini biasanya menjadi penyebab sembelit yang dirasakan pada bayi. Untuk itu, terapkan diet sehat untuk bayi saat berusia sekitar 6 hingga 12 bulan. Diet sehat untuk bayi terkait dengan dua pedoman penting yaitu dengan menambahkan sedikit sayuran dalam setiap makanan bayi seperti sereal atau bubur. Berikutnya, anda bisa membuat bubur yang diolah dari buah tanpa menambahkan pemanis lagi.

13. Perhatikan Alergi Makanan

Mungkin saja sembelit bayi anda disebabkan karena alergi makanan padat tertentu, seperti roti atau biskuit. Sebaiknya amati setiap perubahan yang terjadi ketika bayi mengonsumsi makanan tertentu dan hindari konsumsi makanan tersebut bila terbukti bayi mengalami alergi makanan.

14. Probiotik Bayi

Yoghurt termasuk probiotik alami yang bisa anda berikan pada bayi ketika mengalami sembelit. Yoghurt tanpa rasa dan kandungan gula sangat efektif merangsang usus dan sistem pencernaan bayi agar lebih mudah mengeluarkan feses. Cukup satu sendok makan setiap hari untuk mencegah sembelit mengganggu si kecil.

15. Gandum

Berilah bayi sedikit makanan dengan kandungan gandum didalamnya. Biasanya roti atau biskuit gandum dengan tekstur yang lembut atau bubur gandum juga bisa menjadi alternatif saat bayi mengalami sembelit. Untuk menambahkan rasa pada bubur gandum bisa anda kombinasikan dengan buah pisang atau madu murni secukupnya.

Beberapa cara mengatasi sembelit pada bayi yang dipaparkan diatas bisa anda praktikkan dengan mudah sebelum memutuskan untuk membawa bayi anda ke dokter. Biasanya, kurang dari tiga hari saja, sembelit akan berangsur hilang karena berbagai asupan makanan dengan kandungan serat yang baik untuk pencernaan. Atur pola makan bayi dengan mengonsumsi serat setelah sembelit bisa diatasi. Langkah tersebut bisa membantu agar bayi terhindar dari risiko sembelit di kemudian hari.

Demikian artikel informatif tentang tips mengatasi sembelit pada bayi yang bisa dilakukan dengan metode tradisional tanpa obat-obatan kimia. Semoga bisa bermanfaat untuk anda!

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.