Website Mengulas Informasi Kesehatan dan Kecantikan

13 Cara Menghaluskan Telapak Kaki Yang Kasar Dengan Mudah

cara menghaluskan telapak kaki
Kaki adalah salah satu bagian anatomi tubuh manusia yang berperan sebagai penopang, berjalan, berlari, dan sebagainya. Meski selintas terlihat sama, tetapi bentuk kaki manusia sebenarnya berbeda-beda. Ada kaki yang lurus, ada yang berbentuk menyerupai huruf O atau X (biasanya karena suatu kelainan), ada yang memiliki jari kaki berbentuk Romawi, Yunani, persegi, dan masih banyak lagi. Namun pada kesempatan kali ini, saya akan sedikit mengulik tentang salah satu bagian dari kaki, yaitu telapak kaki.

Telapak kaki merupakan bagian terbawah dari tubuh manusia, yang bertugas sebagai pijakan saat tubuh berada dalam posisi berdiri, berjalan, ataupun berlari agar keseimbangannya terjaga. Untuk menunjang tugas tersebut, ia dibekali dengan lapisan kulit yang tebal, bahkan paling tebal dibandingkan dengan kulit pada bagian tubuh lainnya. Ia juga tidak memiliki pigmen maupun bulu, tetapi memiliki daya konsentrasi pori keringat yang sangat tinggi.

Inilah Cara Menghaluskan Telapak Kaki Dengan Mudah

Selain itu, telapak kaki juga menjadi tempat berpusatnya ujung-ujung syaraf yang ada pada tubuh manusia. Oleh karena itu, telapak kaki memiliki sensifitas yang tinggi terhadap sentuhan pada permukaannya. Namun sayangnya, bagian ini justru sering diabaikan oleh pemiliknya. Sehingga permasalahan seperti pecah-pecah, kasar, dan callus seringkali terjadi.

Callus adalah penebalan area tertentu pada telapak kaki, yang disebabkan oleh gesekan, tekanan, atau iritasi yang terjadi berulang kali.
Lalu bagaimana cara menghaluskan telapak kaki yang praktis dan ekonomis? Berikut beberapa tips yang bisa Anda catat dan praktekkan di rumah.

1. Pisang

cara menghaluskan telapak kaki dengan pisang

Anda punya pisang yang sudah terlalu matang? Benyek dan terlalu manis, sehingga kurang sedap untuk disantap? Jangan buru-buru dibuang, karena Anda bisa memanfaatkannya sebagai untuk menghaluskan telapak kaki.

Cara : Haluskan 1-2 buah pisang tersebut sampai berbentuk pasta. Oleskan secara merata pada telapak kaki, diamkan kurang lebih 15 menit. Bersihkan dengan air hangat dan dingin secara bergantian. Untuk hasil yang lebih maksimal, Anda bisa menambahkan alpukat ke dalam pasta pisang.

2. Mentimun

Buah yang dipercaya dapat menurunkan tekanan darah ini, ternyata juga bermanfaat untuk kecantikan lho! Mulai dari rambut agar sehat dan berkilau, wajah agar halus dan nampak segar, hingga digunakan untuk menghaluskan telapak kaki yang kasar dan pecah-pecah.

Cara : Blender mentimun hingga halus, balurkan secara merata pada telapak kaki. Diamkan untuk beberapa saat, lalu bilas menggunakan air bersih.

3. Lemon

Siapa sangka, buah yang sangat masam ini justru memberikan manfaat yang sangat manis untuk kesehatan. Selain itu, lemon juga sering digunakan dalam berbagai produk kecantikan. Hal ini dikarenakan kandungan yang terdapat pada lemon cocok untuk beberapa jenis kulit, seperti kulit berjerawat, berminyak, hingga kusam. Kemampuannya untuk meremajakan, mencerahkan, dan menghaluskan kulit, ternyata juga berlaku untuk telapak kaki.

Cara : Belah lemon menjadi 2 bagian, peras dan ambil airnya. Oleskan air perasan lemon ke telapak kaki secara merata. Diamkan selama beberapa saat, lalu bilas menggunakan air bersih (tidak perlu menggunakan sabun).

4. Strawberry

cara menghaluskan telapak kaki dengan strowberry

Strawberry adalah buah yang memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Sehingga buah ini sering digunakan di dalam produk kecantikan, karena dapat membantu proses regenerasi kulit. Dengan menambahkan minyak zaitun dan sedikit garam kasar, Anda bisa memanfaatkan strawberry untuk mengatasi permasalahan pada telapak kaki.

Cara : Blender strawberry hingga halus, campur dengan minyak zaitun dan garam secukupnya. Aduk hingga rata, lalu oleskan pada seluruh bagian telapak kaki. Diamkan beberapa saat, lalu bilas menggunakan air hangat.

5. Getah Pepaya

Getah papaya adalah bagian yang sering dibuang saat mengupas pepaya muda (mengkel). Namun setelah membaca artikel ini, mungkin Anda akan berpikir dua kali. Karena ternyata, getah pepaya dapat dimanfaatkan untuk menghaluskan telapak kaki lho!

Cara : Potong ujung pepaya yang masih muda (mengkel), biarkan sampai keluar getahnya. Oleskan getah tersebut ke telapak kaki secara merata, diamkan selama beberapa saat. Bilas menggunakan air hangat, agar pori-pori telapak kaki terbuka. Untuk hasil yang lebih maksimal, Anda bisa melakukan cara ini sehari 2x, yaitu pagi dan sore.

6. Mengkudu

cara menghaluskan telapak kaki dengan mengkudu

Mengkudu sangat terkenal di Indonesia, karena memiliki aroma yang khas dan rasanya pun sangat pahit. Meskipun begitu, mengkudu tetap dicari oleh banyak orang. Hal ini dikarenakan mengkudu memiliki kandungan anti oksidan, anti kanker, berbagai macam vitamin dan mineral, serta zat saponin. Zat saponin berkhasiat sebagai sabun pembersih, yaitu untuk membersihkan sel-sel kulit yang mati, dan menghaluskan kulit.

Cara : Blender buah mengkudu yang sudah matang hingga halus. Cirinya yaitu buah berwarna kekuningan dan lembek. Oleskan jus mengkudu ke telapak kaki secara merata. Bilas menggunakan air bersih.

7. Kopi

Ampas kopi yang hitam dan pahit ini, sering terbuang begitu saja di tempat pencucian piring. Namun ternyata, ampas kopi dipercaya mampu mencerahkan dan melembutkan kulit, serta mengangkat sel-sel kulit yang mati. Kandungan bahannya pun terbilang cukup aman. Oleh karena itu, ampas kopi kini banyak digunakan sebagai masker wajah dan telapak kaki.

Cara : Gunakan ampas kopi bekas seduhan, bukan serbuk kopi yang masih di kemasan ya. Tiriskan, sampai kandungan air pada ampas sedikit. Ambil ampas kopi, lalu masukkan ke dalam mangkuk. Tambahkan minyak zaitun atau baby oil secukupnya, aduk sampai merata. Oleskan ramuan tersebut pada telapak kaki, diamkan kurang lebih 20 menit. Bilas menggunakan air hangat dan dingin secara bergantian.

8. Garam

cara menghaluskan telapak kaki dengan garam

Garam adalah bumbu masakan yang wajib ada di dapur. Selain bermanfaat untuk menyedapkan masakan, garam juga dapat menyedapkan telapak kaki, agar halus dan sehat terawat. Karena garam dapur mengandung antiseptik alami, yang dapat membersihkan bakteri pada telapak kaki.

Cara : Tuang air hangat ke dalam ember, campur garam kasar secukupnya. Tujuan perendaman adalah untuk melunakkan kulit, sehingga mudah untuk disikat dan dibersihkan. Oleh karena itu selama kaki direndam, Anda bisa menyikat telapak kaki dengan sikat lembut. Setelah selesai, bilas menggunakan air bersih.

9. Cokelat

Cokelat dan wanita bagaikan dua sahabat erat dan susah dipisahkan. Selain nikmat dan bagus untuk kesehatan, cokelat pun memiliki manfaat dalam bidang kecantikan. Cokelat mengandung flavonoid yang diyakini mampu meningkatkan elastisitas kulit, meregenerasi sel-sel kulit yang mati, mencegah penuaan, dan mencerahkan kulit. Anda juga bisa memanfaatkannya untuk menghaluskan telapak kaki yang kasar dan pecah-pecah.

Cara : Ambil 3-5 sdm bubuk cokelat, campur dengan gula pasir dan minyak zaitun dengan takaran yang sama. Aduk semua bahan sampai tercampur semua, oleskan pada seluruh permukaan telapak kaki. Biarkan kurang lebih 15 menit, lalu bilas menggunakan air hangat.

10. Minyak Kelapa

Minyak kelapa atau biasa yang dikenal dengan virgin coconut oil (VCO) mengandung vitamin dan mineral yang bagus untuk kulit. Selain dapat menghaluskan, melembapkan, dan mengencangkan kulit, VCO juga dapat berfungsi sebagai anti jamur dan bakteri. Oleh karena itu, selain menghaluskan telapak kaki, VCO juga dapat menghindarkan telapak kaki dari bau tidak sedap.

Cara : Oleskan VCO pada telapak kaki secara merata. Bungkus kaki menggunakan plastik wrap, lalu pakai kaos kaki. Lakukan hal ini saat ingin pergi tidur, sehingga VCO dapat meresap sempurna.

11. Baking Soda

Baking soda dapat bekerja seperti eksfolian pada telapak kaki yang mengalami callus. Kandungan kristal di dalam baking soda, dapat membantu proses pengelupasan kulit yang mengeras. Sehingga telapak kaki kembali lembut dan halus.

Cara : Tuang air hangat pada ember, campur dengan 3 sdm baking soda. Rendam kaki dalam cairan tersebut kurang lebih 10 menit. Gosok bagian callus yang telah melunak sampai bersih. Bilas menggunakan air bersih.

12. Chamomile

Chamomile adalah sejenis tumbuhan yang juga sangat baik untuk mengatasi callus pada telapak kaki. Tumbuhan ini mengandung anti inflamasi yang dapat mengurangi rasa tidak nyaman, serta dapat menjaga kelembapan kulit.

Cara : Ambil teh chamomile, rebus kurang lebih 2 cangkir. Tuang rebusan tersebut ke dalam ember yang telah berisi air. Rendam kaki kurang lebih 10 menit, bilas menggunakan air bersih. Lakukan kegiatan ini menjelang tidur, agar teh chamomile meresap sempurna.

13. Minyak Peppermint

Minyak peppermint adalah salah satu bahan yang sering digunakan dalam pembuatan permen karet, produk kecantikan, dan kesehatan. Minyak peppermint juga berkhasiat untuk menyegarkan dan meremajakan kulit, baik kulit wajah, maupun tubuh. Kandungannya terbukti cukup ampuh untuk membunuh bakteri, sehingga minyak ini sering digunakan pula untuk menghaluskan kaki.

Cara : Oleskan minyak peppermint secara merata di malam hari. Diamkan semalaman agar minyak meresap dengan sempurna, dan tidak perlu dibilas. Selain mengatasi permasalahan pada telapak kaki, minyak peppermint juga dapat menghilangkan rasa pegal dan linu pada kaki.

Demikian beberapa cara menghaluskan telapak kaki yang cukup praktis dan ekonomis. Hal lain yang perlu Anda perhatikan dalam perawatan telapak kaki adalah :

  • Penggunaan sabun
  • Keringkan telapak kaki setelah mandi atau cuci kaki
  • Minum air putih yang cukup
  • Gunakan alas kaki yang pas dan tepat

Telapak kaki sehat, langkah pun tak tehambat.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.