Website Mengulas Informasi Kesehatan dan Kecantikan

15 Cara Menghilangkan Bau Mulut Dengan Bahan Alami Yang Mujarab

cara menghilangkan bau mulutBau mulut tentu menjadi masalah penting bagi sebagian besar manusia. Apalagi bagi mereka yang diharuskan beraktifitas dengan bertemu banyak orang dalam rutinitas kesehariannya. Pastinya, dengan masalah bau mulut yang mengganggu rasa percaya diri pun bisa turun seketika. Bau mulut bisa disebabkan karena pertumbuhan bakteri mulut, gigi berlubang, penumpukan plak, hingga sebagai gejala infeksi penyakit tertentu. Nah, bagi anda yang mengalami masalah bau mulut pastikan untuk menerapkan cara berikut sebagai langkah awal mengatasi problem bau mulut.

Lakukan Cara Menghilangkan Bau Mulut Ini

Mengatasi bau mulut tidak membutuhkan terapi yang harus dilakukan dengan perawatan dan pengobatan yang mahal. Jika bau mulut disebabkan bukan karena infeksi penyakit tertentu, anda bisa mengatasinya dengan berbagai cara menghilangkan bau mulut menggunakan bahan-bahan alami lho! Penasaran dengan langkahnya? Berikut adalah infonya untuk anda!

1. Air Garam

Berkumur menggunakan air garam merupakan langkah paling mudah untuk mengatasi bau mulut membandel. Anda bisa menerapkan cara mengatasi bau mulut dengan berkumur air garam setiap usai mengonsumsi makanan tertentu. Cukup tambahkan satu sendok makan garam dapur pada satu cangkir air hangat dan gunakan untuk berkumur sampai habis. Garam mengandung antiseptik alami yang akan membantu membunuh bakteri penyebab bau mulut.

2. Daun Kemangi

cara menghilangkan bau mulut dengan daun kemangi

Daun yang nikmat sebagai menu lalapan ini ternyata sangat efektif untuk menghilangkan bau mulut yang mengganggu lho! Anda bisa rutin mengonsumsi daun kemangi mentah setiap makan seperti saat menyantap lalapan dan membiarkan antioksidan serta antibakteri dalam daun kemangi bekerja seketika dan mengatasi bau mulut anda.

3. Air Rebusan Sirih

Selain daun kemangi, ada juga daun sirih yang sudah terbukti ampuh mengatasi permasalahan tentang bau, termasuk bau mulut. Rebus tujuh lembar daun sirih dengan satu liter air dan biarkan mendidih hingga tersisa setengahnya. Biarkan hangat dan taruh dalam botol plastik untuk obat kumur setiap menjelang tidur. Satu kali air rebusan daun sirih bisa bertahan untuk obat kumur selama 2 hari jika anda menyimpannya dalam lemari es.

4. Kayu Manis

Rebus kayu manis dalam setengah liter air, anda bisa menambahkan rempah lain seperti kapulaga dan cengkeh dalam rebusan tersebut. Setelah mendidih, biarkan hangat dan tambahkan satu sendok makan madu. Ramuan ini efektif menghilangkan bau mulut yang disebabkan karena panas dalam. Konsumsi ramuan kayu manis tersebut setiap malam hari selama tiga hari berturut-turut hingga sakit panas dalam anda sembuh dan anda terbebas dari bau mulut.

5. Teh Hijau

cara menghilangkan bau mulut dengan teh hijau

Teh hijau berkhasiat alami sebagai antiseptik sekaligus menghambat pertumbuhan bakteri membandel dalam mulut. Cara menghilangkan bau mulut dengan teh hijau dilakukan dengan rutin mengonsumsi teh hijau tanpa pemanis setiap pagi dan sore hari. Langkah ini aman dilakukan setiap hari untuk cepat mendapatkan hasilnya.

6. Konsumsi Air Putih Secukupnya

Bau mulut juga bisa disebabkan karena mulut mengalami dehidrasi. Untuk itu, penting bagi anda menjaga kelembaban mulut dengan rutin mengonsumsi air putih yang kaya akan mineral alami. Konsumsi air putih sesuai dengan kadar yang dibutuhkan, dan tambahkan porsinya bila anda lebih sering beraktifitas di luar ruangan.

7. Rutin Membersihkan Mulut

Bau mulut terkadang dikarenakan faktor kebersihan mulut yang kurang terjaga karena kita malas membersihkan mulut saat menjelang tidur. Ubahlah kebiasaan ini dengan rutin menjaga kebersihan mulut dengan menggosok gigi dan menggunakan benang gigi untuk membersihkan sela gigi dan gusi. Anda bisa juga menambahkan metode pembersihan dengan berkumur antiseptik khusus mulut yang banyak dijual dipasaran.

8. Berenti Kebiasaan Buruk

Merokok dan mengonsumsi alkohol adalah beberapa penyebab lain munculnya bau mulut. Kebiasaan buruk semacam ini bukan hanya merugikan kesehatan tetapi juga mengganggu aktifitas anda bila anda mengalami masalah bau mulut. Nah, sebaiknya berhenti merokok dan mengonsumsi alkohol serta berbagai jenis makanan manis untuk mencegah pertumbuhan bakteri di dalam mulut.

9. Hindari Makanan Penyebab Bau Mulut

cara menghilangkan bau mulut dengan menghindari makanan penyebab bau mulut

Beberapa jenis makanan ternyata justru menjadi penyebab munculnya bau mulut. Kebanyakan makanan ini malah banyak peminatnya lho! Sebut saja, jengkol, petai, bawang merah, bawang putih, dan sebagainya. Nah, bila anda termasuk orang yang tidak mau bermasalah dengan bau mulut sebaiknya menghindari jenis makanan tersebut agar aman dari bau mulut.

10. Membersihkan Lidah

Lidah perlu dibersihkan bersamaan ketika anda menyikat gigi dan menggunakan benang gigi. Setelah membersihkan gigi dan gusi, lakukan pembersihan pada lidah dengan alat pembersih lidah yang didesain khusus untuk permukaan lembut lidah. Dengan menggunakan alat pembersih lidah anda bukan hanya menghilangkan bakteri, tetapi juga mencegah bau mulut dan mengangkat sel kulit mati di permukaan lidah.

11. Kunyah Beras

Cara alami menghilangkan bau mulut metode zaman dulu adalah dengan beras. Cobalah dengan mengunyah beras. Beras ternyata mengandung senyawa penting untuk menetralkan bau mulut dan membuatnya lebih terasa segar. Kunyah setengah sendok teh beras dalam mulut anda setelah mengonsumsi makanan tertentu dan biarkan lembut didalam mulut. Setelah 30 detik, anda bisa buang beras dan berkumur seperti biasa.

12. Buah dan Sayur

Buah dan sayur adalah bahan alami yang disarankan untuk anda guna mengatasi bau mulut. Dengan rutin mengonsumsi buah dan sayur setiap selesai makan, anda juga berkontribusi untuk membunuh bakteri dalam mulut yang ada pada sisa makanan. Jadi, itulah sebabnya buah menjadi salah satu langkah tepat yang disarankan untuk menjaga mulut dari bau tidak sedap.

13. Air Lemon

cara menghilangkan bau mulut dengan air lemon

Tips menghilangkan bau mulut dengan lemon adalah mengonsumsi jus lemon setiap pagi dan sore hari. Jus lemon mengandung vitamin C alami yang akan bermanfaat meningkatkan sistem imun tubuh anda, sehingga bakteri atau kuman penyebab bau mulut juga tidak akan bertahan lama.

14. Jahe

Jahe mengandung antiseptik alami sekaligus anti radang yang akan mengurangi risiko panas dalam sebagai salah satu penyebab bau mulut. Cara menghilangkan bau mulut menggunakan jahe bisa dilakukan dengan mengonsumsi jahe secara langsung atau mengunyah jahe di dalam mulut selama satu menit. Cara ini bisa menjadi pilihan anda yang ingin menghilangkan bau mulut seketika. Sensasi pedas dalam rempah jahe bisa diatasi dengan berkumur air hangat setelah membuang jahe yang telah dikunyah.

15. Kencur

Selain jahe, rempah lainnya yang bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bau mulut adalah kencur. Rebus kencur dengan beberapa lembar daun sirih hingga mendidih. Setelah hangat, anda bisa mengonsumsi air rebusan sirih dan kencur tersebut secara rutin setiap pagi dan sore hari untuk mengatasi bau mulut secara alami.

Itulah tadi serangkaian cara menghilangkan bau mulut yang bisa anda terapkan sebagai langkah mengatasi masalah bau mulut secara alami. Berbagai langkah mengatasi bau mulut diatas bisa dilakukan dengan aman tanpa harus cemas dengan efek samping yang akan ditimbulkan. Lakukan terapi menghilangkan bau mulut secara rutin untuk mulut lebih sehat dan bebas dari bau tidak sedap. Selamat mencoba ya!

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.