Website Mengulas Informasi Kesehatan dan Kecantikan

10 Cara Menghilangkan Jerawat di Jidat dan Dahi Paling Manjur

cara menghilangkan jerawat di jidat
Jerawat yang muncul di area wajah memang menyebalkan dan mengganggu penampilan. Apalagi jika jerawat yang timbul tidak hanya satu tetapi kecil-kecil, banyak dan berada di daerah jidat. Jidat adalah area terbuka dimana semua orang bisa langsung melihatnya. Sehingga ketika banyak jerawat muncul di daerah ini, bisa membuat kepercayaan diri Anda menurun. Banyak cara menghilangkan jerawat di jidat yang bisa Anda lakukan di rumah menggunakan bahan-bahan alami menggunakan bahan yang terdapat di dapur Anda.

Banyak faktor yang menyebabkan munculnya jerawat di jidat. Salah satunya adalah produksi minyak berlebih di area T yaitu daerah dahi dan hidung. Kelebihan minyak yang bercampur dengan kotoran akan menyumbat pori kulit sehingga terbentuklah jerawat. Bisa juga karena faktor hormonal terutama pada wanita. Stress dan kurang menjaga kebersihan wajah juga menjadi penyebab timbulnya jerawat di jidat.

Inilah Cara Menghilangkan Jerawat di Jidat Yang Manjur

Saat ini sudah banyak produk perawatan wajah untuk mengatasi jerawat di wajah. Namun mungkin Anda masih kurang yakin dengan keamanan dan kualitas produk-produk perawatan kulit yang beredar di pasaran. Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami yang bisa dengan mudah Anda dapatkan, bahkan dari dapur Anda sendiri. Beberapa bahan alami yang bisa Anda gunakan sebagai alternatif cara mengatasi jerawat di jidat adalah sebagai berikut:

1. Lemon

Lemon ternyata bisa berfungsi sebagai bahan anti bakteri yang sangat ampuh sehingga mampu membunuh bakteri-bakteri yang menyebabkan timbulnya jerawat di jidat. Selain itu, kandungan asamsitrat pada lemot juga mampu mengangkat sel kulit mati atau berfungsi sebagai peeling alami. Cara menghilangkan jerawat menggunakan lemon adalah:

  1. Potong lemon dan peras airnya.
  2. Campur sari lemon dengan sedikit air matang.
  3. Usapkan air lemon kepada dahi dengan lembut, dengan menggunakan kuas atau kapas jangan digosok.
  4. Biarkan air lemon meresap dan mengering dengan sendirinya kemudian bilas dengan air bersih.
  5. Lakukan cara ini setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Cuka Apel

cara menghilangkan jerawat di jidat dengan cuka apel

Cuka apel memiliki fungsi sebagai astringent atau mampu mengerutkan jaringan sehingga bisa membantu mengecilkan pori-pori kulit dan mengurangi produksi minyak. Cuka apel juga mampu menstabilkan pH wajah yang tidak seimbang sebagai salah satu penyebab wajah berjerawat. Cara menggunakan cuka apel sebagai obat untuk mengatasi jerawat di dahi adalah:

  • Usapkan cuka apel ke bagian dahi yang berjerawat menggunakan kapas atas kuas secara lembut.
  • Biarkan cuka apel mengering sendiri supaya meresap ke pori-pori kulit.
  • Bersihkan cuka apel dengan air bersih.
  • Lakukan cara ini setidaknya 3 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Asam Jawa

Asam Jawa sering dikenal sebagai bahan pembuatan minuman kunyit asam dan sebagai bumbu masak di dapur. Namun ternyata asam Jawa juga bisa digunakan sebagai bahan masker alami. Kandungan antiseptik alaminya dinilai mampu membersihkan kotoran dan menghalau bakteri penyebab jerawat. Selain itu asam Jawa juga bermanfaat sebagai bahan anti inflamasi sehingga jerawat bisa lebih cepat kempes dan kering. Cara menghilangkan jerawat di dahi menggunakan asam Jawa adalah sebagai berikut :

  • Siapkan asam Jawa yang telah matang sebesar kira-kira satu ruas ibu jari.
  • Remas-remas asam Jawa dan campur dengan sedikit air hingga menjadi pasta kental.
  • Usapkan pasta asam Jawa ke jidat dengan menggunakan kuas.
  • Biarkan masker asam Jawa mengering kemudian bersihkan dengan menggunakan air hangat.
  • Lakukan cara ini seminggu sekali untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

4. Tomat

cara menghilangkan jerawat di jidat dengan tomat

Tomat memiliki kandungan antioksidan tinggi yang mampu mencegah radikal bebas penyebab jerawat. Tomat mengandung vitamin A, C, E, K, B1, B2, B3, dan B6 bisa menyehatkan kulit dan mengempiskan jerawat dengan cepat. Selain itu, tomat juga mampu memperbaiki sel-sel kulit yang rusak dengan cepat. Cara menggunakan tomat untuk menghilangkan jerawat di jidat adalah:

  • Iris tipis-tipis tomat yang telah dicuci bersih.
  • Tempelkan irisan tomat pada bagian dahi atau wajah yang secara merata.
  • Biarkan selama kurang lebih 30 menit supaya kandungan yang terdapat dalam tomat masuk ke dalam pori-pori kulit.
  • Angkat tomat kemudian bersihkan wajah dengan air bersih.
    • Lakukanlah cara ini seminggu sekali untuk mendapatkan hasil kulit yang halus tidak berjerawat.

5. Daun Cendana

Anda mungkin agak kesulitan mencari daun cendana, tetapi daun ini mampu mengatasi jerawat pada jidat Anda. Daun cendana bisa menjadi cleansing agent yang mampu membersihkan jidat Anda dari kotoran. Kemampuannya menjadi astringent alami juga bisa mencegah timbulnya jerawat di jidat Anda. Selain itu, daun cendana juga memiliki kandungan antiseptik alami yang bisa mencegah peradangan di kulit akibat jerawat yang terinfeksi bakteri. Cara menghilangkan jerawat di jidat dengan daun cendan adalah

  • Siapkan 4 helai daun cendana kemudian tumbuk hingga halus.
  • Campurkan daun cendana yang telah dihaluskan dengan air bersih hingga teksturnya menyerupai pasta.
  • Aplikasikan masker daun cendana ke dahi Anda lalu biarkan mengering hingga 1 jam.
  • Bersihkan masker dengan air bersih. Untuk mendapatkan hasil maksimal Anda bisa menggunakan masker ini 3 kali seminggu.

6. Putih Telur

cara menghilangkan jerawat di jidat dengan putih telur

Putih telur mengandung enzim yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat sekaligus mengempiskan dan mengeringkan jerawat dengan cepat. Anda tidak perlu menyiapkan banyak putih telur karena sisa-sisa putih telur yang menempel di cangkang telur ketika Anda memasak saja sudah cukup.

  • Colek putih telur yang tersisa di cangkang telur kemudian oleskan pada dahi Anda.
  • Biarkan putih telur mengering kemudian bersihkan dengan air dingin.
  • Anda bisa melakukan cara ini setiap pagi untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

7. Lidah buaya

Khasiat tanaman lidah buaya dalam dunia kecantikan memang tak diragukan lagi. Tanaman ini cocok untuk mengatasi keluhan pada segala jenis kulit. Pada kulit berminyak, lidah buaya mampu mengecilkan pori-pori sehingga mampu mencegah masuknya kotoran dan sisa make up ke dalam pori-pori yang dapat menyumbat pori sehingga menyebabkan timbulnya jerawat. Selain itu, kandungan antimikrobanya bisa membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat.

Pemakaian lidah buaya sangat mudah. Anda bisa menggunakan lidah buaya segar maupun yang sudah diolah menjadi kosmetik. Jika Anda menggunakan lidah buaya segar, Anda tinggal mengupas kulit lidah buaya dan ambil bagian dagingnya yang berwarna bening. Oleskan pada bagian dahi lalu biarkan hingga mengering. Setelah itu bersihkan wajah dengan air hangat. Anda bisa mendapatkan hasil maksimal dengan memakai masker lidah buaya ini 3 kali seminggu.

8. Es batu

cara menghilangkan jerawat di jidat dengan es batu

Es batu merupakan cara paling mudah dan murah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi jerawat di dahi. Es batu mampu merapatkan pori-pori kulit sekaligus mengatur kelebihan produksi minyak di wajah. Anda hanya cukup mengompreskan es batu yang sudah dibungkus kain ke bagian wajah. Jangan menempelkan es batu secara langsung karena bisa merusak jaringan kulit.

9. Teh

Teh memiliki kandungan antioksidan yang tinggi yang bisa mencegah radikal bebas sebagai penyebab jerawat. Untuk menggunakan teh dalam mengatasi jerawat dapat dilakukan dengan cara berikut:

  • Seduh teh tetapi jangan menggunakan teh celup
  • Biarkan teh terendam selama semalaman.
  • Oleskan air teh ke bagian dahi Anda kemudian biarkan hingga mengering.
  • Bersihkan sisa-sisa teh dengan air bersih. Lakukan cara ini setidaknya 3 kali seminggu untuk mendapatkan hasil maksimal.

10. Penguapan

Proses penguapan menggunakan uap dari air yang baru mendidih bisa membuka pori-pori kulit. Pori-pori kulit yang terbuka, berbagai kotoran, minyak, bakteri yang menyumbat pori-pori kulit bisa lebih mudah untuk dibersihkan.

Cara menggunakan penguapan untuk mengatasi jerawat adalah:

  • Bersihkan wajah terlebih dahulu
  • Tuang air yang baru mendidih ke dalam panci atau wadah dengan permukaan luas.
  • Dekatkan wajah Anda ke wadah berisi air panas tersebut dan biarkan uapnya mengenai wajah Anda.
  • Lakukan cara ini hanya selama 5 menit saja. Setelah lima menit bersihkan wajah Anda kemudian bilas menggunakan air dingin untuk merapatkan kembali pori-pori yang terbuka tadi.

Ternyata membasmi jerawat tidak selalu membutuhkan perawatan khusus yang mahal. Anda bisa mencoba cara menghilangkan jerawat di jidat dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada di rumah. Nah, sekarang Anda bisa tampil lebih percaya diri dengan wajah yang lebih halus dan mulus. Selamat mencoba.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.