Website Mengulas Informasi Kesehatan dan Kecantikan

10 Cara Menghilangkan Panu Dengan Cepat Dan Terbukti Ampuh Tanpa Bekas

cara menghilangkan panuPanu ada salah satu jenis infeksi yang menyerang kulit dan penyebab utamanya adalah jamur malassezia. Sebenarnya tiap orang juga mempunyai jamur tersebut di permukaan kulitnya, namun bagi yang menjaga kebersihan tentunya tidak akan menimbulkan masalah. Beda hal nya dengan jarang menjaga kebersihan tubuh, sering berkeringat namun tidak dibersihkan, itu akan menyebabkan jamur menjadi aktif. Panu sendiri memang tidak menimbulkan rasa nyeri, namun akan menyebabkan adanya bercak pada tubuh. Bila tidak segera diobati maka panu akan semakin menyebar.

Ini Dia Cara Menghilangkan Panu Dengan Bahan Alami

Berbagai obat penghilang panu banyak dijual bebas di pasaran. Namun tidak semua orang cocok menggunakan obat panu terlebih jika memliki kulit yang sensitif. Jika Anda tidak ingin menggunakan obat berbahan kimia, berikut ini adalah cara menghilangkan panu dengan bahan tradisional alami yang bisa Anda lakukan di rumah. Antara lain:

1. Minyak kelapa

Cara alami pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengoleskan minyak kelapa. Cara ini terbilang mudah karena Anda tidak akan kesulitan mencari minyak kelapanya. Sementara itu, di dalam minyak kelapa sendiri terdapat kandungan asam lemak yang bisa menghentikan penyebab jamur panu. Anda hanya tinggal mengoleskannya saja pada bagian panu.

2. Tea tree oil

cara menghilangkan panu dengan tea tree oil

Tea tree oil memiliki kandungan anti jamur sehingga bisa menghentikan adanya penyebaran infeksi karena jamur dan mencegahnya datang lagi. Selain itu juga bila panu menimbulkan rasa gata, pengolesan tea tree oil akan sangat membantu meredakan gatal. Anda hanya perlu menambahkan 7 tetes tea tree oil ke dalam 1 sendok makan minyak zaitun, kalau tidak ada bisa minyak kelapa saja. Setelah itu, gunakan cotton ball untuk mengoleskan pada bagian panunya. Biarkan sampai mengering baru setelah itu Anda bisa membersihkannya memakai air hangat. Lakukan cara ini seseorang mungkin, minimal 2 kali dalam sehari sampai panu yang Anda alami sembuh.

3. Lidah buaya

Lidah buaya merupakan tanaman yang cukup sering dimanfaatkan untuk pengobatan alami. Khususnya pada bagian gel lidah buaya. Bila Anda potong daunnya, nanti akan langsung muncul gel tersebut. Sementara itu, gelnya juga mengandung protein yang disebut 14 kDA dan sarat akan kandungan anti jamur serta anti radang. Anda hanya tinggal mengoleskan gel tersebut pada bagian tubuh yang terserang panu.

4. Minyak esensial oregano

cara menghilangkan panu dengan minyak esensial

Jenis minyak lain yang bisa Anda manfaatkan untuk panu adalah minyak esensial oregano. Anda hanya perlu mencampurkan minyaknya dengan zaitun dan menggunakan perbandingan yang sama. Bila sudah tercampur, langsung oleskan saja pada bagian panu. Diamkan selama 20 sampai 30 menit, agar kandungannya bisa terserap dan bekerja pada panu Anda.

5. Yogurt

Yogurt merupakan produk olahan susu yang bisa Anda manfaatkan sebagai obat alami panu. Namun, yang bisa digunakan hanyalah yogurt tawar dan murni, tanpa ada campuran apapun. Ini karena probiotik yang merupakan kandungan di dalam yogurt mampu mengontrol jamur agar tidak menyebabkan penyebaran infeksi. Anda bisa mengoleskan yogurtnya langsung pada kulit yang terserang panu. Setelah itu, diamkanlah selama 30 menit, lalu basuh menggunakan air hangat. Selain cara tersebut, Anda juga sangat dianjurkan untuk mengonsumsi yogurtnya, ini bisa membantu menangkal terjadi infeksi langsung dari dalam tubuh.

6. Bawang putih

cara menghilangkan panu dengan bawang putih

Bawang putih merupakan salah satu rempah yang cukup sering bahkan selalu dijadikan sebagai salah satu bumbu dasar dalam memasak. Bawang putih dipercaya mampu menghentikan kinerja jamur yang bisa menyebabkan rasa gatal menyebar. Anda hanya perlu memeras bawang dan mengambil minyaknya, kemudian mengoleskan pada area tubuh yang terkena jamur. Diamkan dulu selama 30 menit baru Anda bisa membersihkannya. Bila mau, coba juga untuk mengonsumsinya mentah-mentah. 3 siung bawang putih yang Anda makan bisa membantu meredakan panu dari dalam tubuh.

7. Kunyit

Cukup sering kunyit dijadikan sebagai bahan alami untuk membuat obat herbal. Ini karena memang khasiat kunyit dan kandungan alami di dalamnya mampu membantu mengatasi berbagai macam penyakit. Cara menghilangkan panu secara alami menggunakan kunyit juga tidak sulit, Anda hanya perlu menumbuknya sampai halus kemudian mencampurkan dengan minyak zaitun dan mengoleskannya pada bagian panu. Di dalam kunyit terdapat kandungan anti jamur, anti biotik dan juga anti septik yang memang sangat bermanfaat sekali untuk pengobatan panu pada tubuh.

8. Cuka apel

cara menghilangkan panu dengan cuka apel

Di dalam cuka apel terdapat kandungan yang dinamakan anti mikroba. Kandungan ini bisa membantu terutama untuk mengontrol pertumbuhan jamur yang menyebabkan jamur agar tidak menyebar ke bagian tubuh lainnya. Caranya juga tidak sulit, Anda hanya perlu mencampurkan cuka apel dengan air hangat, menggunakan perbandingan yang sama. Setelah itu, langsung oleskan saja pada panu dan diamkan selama 10 menit atau kalau ingin lebih lama lagi juga tidak apa-apa. Setelah itu, baru Anda bisa membilasnya kembali menggunakan air hangat. Dianjurkan juga untuk melakukan cara ini sesering mungkin agar panunya bisa segera hilang.

9. Jeruk nipis

Di dalam jeruk nipis terdapat kandungan flavonoid yang memiliki sifat anti oksidan cukup kuat. Sementara itu, anti oksidan sendiri memiliki manfaat untuk menangkal terjadinya radikal bebas di dalam tubuh karena radikal bebas bisa merusak sel sehat yang ada di dalam tubuh. Dan juga terdapat kandungan asam sitrat yang bisa membuat jeruk nipis menjadi obat anti bakter dan anti jamur paling handal. Vitamin C yang ada di dalam jeruk nipis juga adalah senyawa utama yang sangat ampuh mengatasi panu.

Cara mengaplikan jeruk nipis pada panu tubuh tidak terlalu sulit. Namun Anda perlu melewati beberapa proses terlebih dahulu. Pertama, Anda harus mencampurkan jeruk nipis dengan blerang karena blerang memiliki kandungan yang bisa membunuh kuman. Tumbuk blerangnya agar saat ditambahkan dengan jeruk nipis bisa membantu krim pasta. Bila sudah, langsung saja oleskan pada panu dan diamkan hingga kering. Barulah setelah itu Anda bisa membersihkannya menggunakan air hangat.

10. Belimbing wuluh

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan panu adalah menggunakan belimbing wuluh. Di dalam belimbing wuluh terdapat kandungan yang sangat berkhasiat untuk mencegah terjadinya penyebaran panu dan menyembuhkannya. Kandungan tersebut adalah glukosida, asam forma, saponin, kalsium oksalat, sulfur, glukosida dan juga peroksida.

Anda hanya perlu menyiapkan 1 belimbing wuluh kemudian memotongnya menjadi 4 bagian. Setelah itu, langsung saja usapkan belimbing wuluhnya pada bagian kulit yang terkena infeksi jamur. Lakukan selama 5 menit agar kandungannya bisa menyerap. Bila terasa basah, diamkan saja sampai mengering. Lakukan cara ini sesering mungkin agar panu yang Anda alami cepat sembuh.

Itulah 10 cara menghilangkan panu secara alami yang bisa Anda lakukan di rumah. Anda tidak perlu khawatir dengan efek sampingnya sebab cara alami tidak akan menimbulkan efek samping yang buruk. Pilihlah cara yang memang mudah untuk dilakukan dan lakukan secara rutin agar bisa memberikan hasil yang maksimal untuk kesembuhan panu Anda.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.