Website Mengulas Informasi Kesehatan dan Kecantikan

15 Cara Mengobati Masuk Angin Tanpa Obat, Alami Dan Terbukti

cara mengobati masuk angin

Masuk angin menjadi gangguan kesehatan yang cukup membuat seseorang menjadi tidak nyaman menjalankan aktifitas sehari-hari. Apalagi ketika musim penghujan tiba, masuk angin seringkali menjadi kondisi yang berbahaya bahkan tak jarang mengakibatkan kematian. Gejala masuk angin ditandai dengan flu, batuk, demam, dan muntah. Bila masuk angin tidak segera diatasi, kondisi seseorang bisa saja semakin mengkhawatirkan.

Ini Dia Cara Mengobati Masuk Angin Dengan Mudah

Masuk angin tergolong kondisi yang berbahaya namun mudah untuk disembuhkan. Beberapa penyebab masuk angin bisa dikarenakan seringnya lembur hingga lupa makan, kehujanan, dan kurang menjaga pola makan yang sehat. Nah, bagi anda yang sering mengalami masuk angin, beberapa cara mengatasi masuk angin berikut ini bisa diterapkan untuk mengatasi masuk angin secara alami dan mudah. Simak caranya ya!

1. Bawang Merah

Pernah melihat para ibu zaman dulu membalurkan bawang merah di tubuh buah hati mereka? Ya, cara mengobati masuk angin dengan bawang merah bisa dilakukan dengan mengiris bawang merah dan membalurkannya ke beberapa bagian tubuh yang dingin. Biasanya bagian tubuh yang dipilih adalah betis dan punggung, sementara lengan hanya untuk orang dewasa saja.

2. Minyak Kayu Putih

cara mengobati masuk angin dengan minyak kayu putih

Keampuhan minyak kayu putih sudah tidak perlu diragukan lagi. Banyak dari mereka yang terkena masuk angin menggunakan minyak kayu putih sebagai obat alami. Minyak kayu putih memang efektif menghilangkan masuk angin terutama ketika dioleskan di seluruh tubuh dan perut atau sekaligus digunakan sebagai minyak saat kerokan.

3. Jahe Hangat

Selain menyembuhkan masuk angin dari luar, ada kalanya anda membutuhkan obat dari dalam untuk mengatasi masuk angin. Nah, obat yang disarankan juga sangat mudah diperoleh yaitu dengan meramu jahe segar sebagai minuman hangat. Jahe yang sudah dikupas, cukup dicuci dan dimemarkan untuk kemudian direbus bersama air. Boleh juga ditambahkan kayu manis agar pernapasan anda semakin terasa bebas. Minumlah air rebusan jahe hangat yang sudah ditambahkan gula selagi temperaturnya masih belum terlalu dingin. Jahe hangat mengandung antioksidan alami untuk membantu menstimulasi sistem kekebalan tubuh.

4. Bawang Putih

cara mengobati masuk angin dengan bawang putih

Aroma bawang putih akan merangsang pernapasan dan membuat hidung yang tersumbat karena flu dan masuk angin lebih lekas pulih. Bagi anda yang menderita masuk angin, sebaiknya makan satu siung bawang putih mentah yang telah dikupas sambil menghirup aroma bawang putih tersebut. Cara ini efektif untuk masuk angin yang disertai dengan gejala flu berat setelah kehujanan.

5. Daun Pepaya

Khasiat daun pepaya memang bisa digunakan sebagai obat alami menghilangkan masuk angin. Untuk mendapatkan manfaat alami dari daun pepaya, sebaiknya pilihlah daun pepaya yang berwarna hijau matang. Sediakan 5 lembar daun pepaya yang sudah dibuang tangkainya dan dicuci bersih. Rebus daun pepaya dengan satu liter air hingga mendidih dan air tersisa setengahnya. Saring terlebih dulu dan minum air rebusan daun pepaya tersebut untuk menghilangkan masuk angin.
Khasiat alami daun pepaya juga bisa diperoleh dengan mengonsumsi daun pepaya yang sudah direbus matang. Anda bisa mengonsumsi daun dengan menjadikannya sebagai teman lalapan nasi. Meskipun memiliki rasa yang pahit, daun pepaya juga ampuh mengobati masuk angin bila dikonsumsi langsung.

6. Teh dan lemon

cara mengobati masuk angin dengan teh dan lemon

Membuat satu gelas teh hangat dengan perasan jeruk lemon sepertinya sudah banyak diketahui orang sebagai cara mengobati masuk angin. Teh memang memiliki efek penghangat alami sekaligus rileksasi bagi tubuh. Cukup satu sendok teh perasan lemon untuk satu gelas teh hangat dan diminum saat anda merasakan masuk angin.

7. Biji Kedawung

Di wilayah Jawa, biji kedawung ini memang sudah terkenal akan khasiatnya. Tidak hanya mengobati penyakit seperti hipertensi saja, biji kedawung dikategorikan ampuh untuk menghilangkan masuk angin akut. Bahkan dengan mengonsumsi tiga biji kedawung setiap hari, anda bisa mencegah masuk angin secara alami.

8. Backing Soda dan Garam

Cara mengobati masuk angin yang satu ini berasal dari negeri Sakura, Jepang. Masyarakat disana meyakini bahwa masuk angin juga disebabkan oleh banyaknya bakteri yang bersarang di saluran pernapasan dan kerongkongan. Untuk itu, menghilangkan masuk angin cukup ampuh dengan berkumur air yang dicampur dengan garam atau backing soda. Tambahkan setengah sendok teh garam atau setengah sendok teh backing soda pada segelas air hangat. Kemudian gunakan campuran tersebut untuk berkumur sampai habis.

9. Ubi Merah

cara mengobati masuk angin dengan ubi merah

Ubi merah memiliki khasiat alami untuk menghilangkan masuk angin serta sakit ulu hati. Dengan mengonsumsi ubi merah yang direbus bersama rempah jahe, kayu manis, kapulaga, dan merica, anda bisa menghilangkan masuk angin dengan cepat. Sediakan satu buah ubi merah yang sudah dicuci bersih, rebus bersama cengkeh, kapulaga, kayu manis, madu, merica, dan jahe. Setelah mendidih, saring air rebusan dan minum selagi hangat. Jangan lupa konsumsi juga ubi merahnya setelah ditiriskan.

10. Sup Ayam

Sup Ayam biasa digunakan oleh orang-orang Eropa sebagai penghilang masuk angin. Ya, cukup konsumsi sup ayam ketika masih hangat untuk membantu menghangatkan badan yang meriang karena masuk angin.

11. Vitamin C

Vitamin C dibutuhkan bagi tubuh untuk menghilangkan gejala masuk angin seperti flu, demam, dan meriang. Konsumsilah vitamin C alami yang terdapat pada buah jeruk, apel, atau tomat segar untuk membantu daya tahan tubuh kembali prima.

12. Kerokan

cara mengobati masuk angin dengan kerokan

Mungkin sebagian besar dari anda masih meragukan keampuhan kerokan sebagai salah satu cara mengobati masuk angin. Pasalnya, mitos kerokan dilarang oleh dokter juga masih menghantui hingga sekarang. Padahal, beberapa pakar medis sepakat bahwa kerokan efektif merangsang produksi thiamin yang berfungsi untuk mengurangi rasa sakit. Namun, ada catatan bahwa melakukan kerokan hanya disarankan ketika tubuh mengalami masuk angin cukup parah (hingga muntah). Sementara itu, untuk teknik melakukannya juga tidak diperkenankan terlalu keras karena bisa melukai pembuluh darah dibawah kulit.

13. Botol dan Air Hangat

Botol dan air hangat adalah cara lama yang bisa dipraktikan dengan mudah. Sediakan sebuah botol plastik dan isi dengan air hangat didalamnya. Ketika botol sudah terisi setengah penuh, anda bisa mencoba guling-gulingkan botol di bagian punggung atau perut. Cara ini terbilang efektif untuk mengatasi masuk angin dan sudah banyak dipilih sebagai alternatif pengobatan alami.

14. Hindari Telat Makan

Telat makan atau tidak memerhatikan asupan makanan juga bisa menjadi penyebab masuk angin. Makanan yang terlalu asam dan bercitarasa pedas biasanya akan berpengaruh pada kondisi tubuh terutama ketika anda baru saja telat makan. Biasakan sarapan setiap pagi dan hindari konsumsi kafein yang berlebihan untuk mendukung kinerja sistem pencernaan lebih baik.

15. Istirahat Sementara

Beristirahat dalam waktu yang cukup merupakan kunci utama untuk anda yang sering dilanda masuk angin berat. Masuk angin bisa saja terjadi karena kondisi tubuh terlalu lelah dengan rutinitas pekerjaan atau lembur kerja anda. Oleh sebab itu, setelah menerapkan berbagai cara menghilangkan masuk angin diatas, disarankan untuk tetap melakukan istirahat sementara waktu.

Biasanya untuk mengatasi masuk angin, mandi dengan menggunakan air hangat juga disarankan. Langkah ini bisa dilakukan sementara waktu sampai tubuh merasa sudah tidak gemetar atau meriang menyentuh air dingin. Setelahnya, hindari mandi air hangat terlalu sering bila tidak sedang masuk angin karena justru bisa memperlebar pori-pori kulit dan semakin rentan terhadap masuk angin berikutnya.

Demikian artikel tentang cara mengobati masuk angin secara alami dan mudah yang disarankan. Semoga bisa menjadi bahan referensi untuk anda dalam mengobati masuk angin!

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.