Website Mengulas Informasi Kesehatan dan Kecantikan

16 Cara Mengusir Tikus Dari Rumah Paling Ampuh Dan Mujarab

cara mengusir tikus

Tikus hampir menjadi musuh bagi kita semua. Kehadiran binatang yang satu ini terkadang tidak hanya mengagetkan saja, tetapi juga meresahkan. Bagaimana tidak? Tikus bahkan menjadi sumber penyebaran virus yang mematikan. Di wilayah perkotaan yang semakin tinggi populasi tikus juga dicanangkan berbagai gerakan untuk mengusir binatang menjijikan yang satu ini. Namun, tidak semudah itu mengusir tikus yang bersembunyi di selokan, gudang, atau atap plafon rumah. Sekadar membuat tikus tidak masuk ke dalam rumah sepertinya perlu dilakukan dengan sigap.

Ini Cara Mengusir Tikus Paling Ampuh

Membasmi tikus biasanya dilakukan dengan meracuni. Racun tikus pun sudah banyak dijual di pasaran dan bisa dipraktikkan dengan mudah di rumah. Akan tetapi, terkadang si tikus juga lebih pintar lho! Memiliki indera penciuman yang cukup tajam, ternyata tidak semua tikus tertipu dengan perangkap racun tikus. Lantas, seperti apa tips mengusir tikus yang terbilang ampuh? Berikut beberapa contekan untuk anda yang ingin membasmi tikus menggunakan bahan-bahan yang sudah ada disekitar kita!

1. Suara Bising

Ternyata salah satu hal yang tidak disukai oleh tikus adalah suara yang bising. Pantas saja, tikus selalu beraksi ketika semua orang sedang tertidur pulas ya? Cara mengusir tikus yang paling mudah adalah dengan memperdengarkan suara radio atau semacamnya sehingga tikus masih merasa bahwa penghuni rumah belum tertidur. Jangan heran, suara bising mampu membuat telinga tikus berdarah lho!

2. Bedak Bayi

cara mengusir tikus dengan bedak bayi

Langkah mengusir tikus menggunakan bedak bayi ini memang belum begitu terbukti keampuhannya. Akan tetapi, tidak ada salahnya untuk dipraktikkan. Taburkan saja bedak bayi di beberapa area yang memang sering dilewati si tikus. Bedak bayi konon ampuh membunuh tikus dengan melukai saraf penciumannya.

3. Steel Wool

Kawat pencuci piring bisa menjadi alat untuk mencegah tikus di dinding rumah anda. Bagi tikus yang suka masuk dan melewati dinding rumah, ide ini bisa dilakukan. Pasang semacam hambatan di jalan yang dilalui si tikus menggunakan steel wool tersebut. Dengan begitu, tikus akan enggan melewatinya kembali.

4. Kotoran Sapi

Langkah yang satu ini terdengar cukup ekstrim karena mungkin hanya bisa dilakukan di wilayah pedesaan saja. Ya, dengan menggunakan kotoran sapi, anda bisa mengusir tikus. Tikus ternyata tidak suka dengan bau menyengat dari kotoran sapi.

5. Rambut Manusia

Anda sebal dengan tikus yang menghuni selokan kamar mandi atau dapur? Mungkin cara ini bisa efektif untuk membuat si tikus jera tinggal disana. Rambut manusia merupakan sesuatu yang dibenci oleh tikus. Anda bisa mencoba menaruh beberapa helai rambut dan taruh didalam lubang tempat tikus biasa ada disana. Lama-kelamaan, tikus akan memakan helai rambut tersebut dan mati pelan-pelan.

6. Kotoran Kucing atau Ular Kering

Ternyata bukan hanya kucing saja yang ditakuti oleh tikus. Tikus juga akan pergi ketika mencium bau kotoran kucing. Meski mungkin akan mengganggu hidung anda, tapi cara ini cukup efektif untuk membuat tikus jera. Cobalah taruh kotoran kucing atau ular kering dari sampah penjual hewan peliharaan untuk menakuti tikus. Setelah beberapa hari, tikus akan jera dan anda bisa membersihkan kotoran yang tadi disebarkan.

7. Membeli Perangkap

Meski banyak yang gagal dengan cara ini, menggunakan perangkap tikus yang sudah banyak dijual dipasaran adalah langkah yang cukup tepat. Pancing saja dengan keju, kepala ikan, atau makanan lain yang disukai oleh tikus di perangkap tersebut. Anda bisa berhasil bila tikus mau masuk perangkap dan terkurung didalamnya.

8. Bawang

cara mengusir tikus dengan bawang

Cara mengusir tikus dengan bawang bisa dilakukan secara mudah. Tikus dipercaya sangat sensitif dengan bau menyengat bawang merah. Nah, pergunakan bawang merah untuk mengusir tikus secara halus. Kupas bawang merah, potong bawang hingga mengeluarkan aroma menyengatnya. Taruh di area yang sering dilewati oleh tikus untuk mencegah tikus datang kembali.

9. Daun Salam

Tikus termasuk binatang yang mengonsumsi segala jenis makanan. Anda bisa menaruh beberapa lembar daun salam di area yang seringkali dilewati tikus. Daun salam memang tidak mengusir tikus, namun kandungan di dalam daun salam ternyata efektif membunuh tikus tersebut.

10. Lada

Selain daun salam, lada juga menjadi bahan dapur yang efektif untuk mengusir tikus dari rumah. Sepertinya bau menyengat lada tidak hanya mengganggu bagi hidung manusia. Pasalnya, tikus pun juga enggan mencium bau lada tersebut. Taburkan lada di area yang dilewati tikus untuk mencegah tikus datang kembali.

11. Mainan Ular Plastik

cara mengusir tikus dengan ular mainan plastik

Sudah tahu bukan kalau tikus takut dengan ular? Anda bisa melakukan cara ini untuk mengusir tikus tanpa perlu menyakitinya. Sediakan mainan ular plastik disekitar area tikus tersebut. Langkah ini terbukti bisa mencegah tikus masuk ke dalam rumah lho!

12. Minyak Peppermint

Bau menyengat dari minyak beraroma peppermint sangat ampuh bila digunakan untuk mengusir tikus. Gunakan aroma dari minyak peppermint ini melalui lilin aroma terapi atau sejenisnya. Boleh juga anda mencelupkan beberapa bagian kapas ke dalam minyak peppermint, kemudian taruh di area yang rawan akan tikus.

13. Serai

Bumbu dapur yang satu ini tidak hanya ampuh mengusir nyamuk tetapi juga efektif menghilangkan wabah tikus di rumah anda. Sediakan beberapa potong serai, memarkan dan taruh di area yang rawan tikus untuk membuat tikus pergi dari rumah dan dapur anda.

14. Amonia

cara mengusir tikus dengan ammonia

Amonia bisa anda dapatkan di toko bahan kimia. Untuk mengusir tikus menggunakan bahan kimia ini anda perlu menyediakan dua sendok makan detergen dan setengah gelas air. Campur detergen, air dan dua cangkir ammonia. Setelah tercampur, tempatkan larutan di area yang sering dilewati oleh tikus. Bau ammonia yang menyengat tidak akan membuat tikus bertahan lama.

15. Kamper

Cara ini termasuk cara mengusir tikus yang paling banyak dilakukan. Menggunakan pewangi kamper untuk mengusir tikus juga bisa dikatakan efektif, terutama untuk tikus yang sering bersembunyi di plafon atau lemari. Sediakan beberapa butir kamper untuk diletakan atau disebarkan di sudut-sudut rumah anda.

16. Menyalakan Lampu

Langkah lain yang bisa dilakukan untuk mengusir tikus adalah dengan membiarkan lampu dapur tetap menyala. Sebaiknya beberapa lampu di area rumah seperti dapur, kamar mandi, atau gudang dibiarkan tetap menyala untuk mencegah tikus menghuni area tersebut.

Beberapa cara membasmi tikus yang dipaparkan diatas adalah langkah alami tanpa harus meracuni tikus dengan obat pembasmi tikus. Hal yang paling penting untuk mencegah tikus masuk ke dalam rumah adalah dengan menjaga keadaan rumah tetap bersih dan wangi.

Demikian artikel tentang cara mengusir tikus tanpa menggunakan racun tikus. Cara ini bukan hanya mengusir tikus tetapi juga mencegah tikus untuk berkunjung ke rumah atau dapur kita. Semoga bermanfaat!

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.