Website Mengulas Informasi Kesehatan dan Kecantikan

11 Cara Menghilangkan Karang Gigi Yang Sudah Parah Dengan Cepat

cara merontokkan karang gigiKarang gigi atau yang dikenal sebagai kalkulus gigi adalah permasalahan pada gigi yang ditandai dengan adanya plak yang mengeras di gigi. Karang gigi dapat terbentuk dari bawah gusi yang juga menyebabkan resiko iritasi. Karang gigi ini memberikan plak yang kemudian berkembang dan menjadi lengket pada permukaan gigi. Hal ini jika dibiarkan terus menerus akan menyebabkan gangguan yang lebih serius seperti radang gusi.

Tak hanya mempengaruhi kesehatan gigi saja, karang gigi tentunya akan membuat penderitanya menjadi kurang percaya diri. Dan tak hanya itu, karang gigi juga menjadi penyebab bau mulut dan gigi menguning. Tentu ini menjadi masalah besar jika setiap harinya karena anda harus berbicara dengan banyak orang.

Inilah Cara Merontokkan Karang Gigi Dengan Mudah

Jika anda mengalami karang gigi yang cukup parah sekalipun, anda bisa mencoba berbagai macam cara menghilangkan karang gigi secara alami dan cepat di bawah ini.

1. Gosok Gigi Dengan Benar

Salah satu penyebab mengapa karang gigi dapat muncul adalah cara membersihkan gigi yang kurang tepat. Sehingga penting bagi anda untuk mengetahui cara yang tepat untuk menggosok gigi dengan benar.

  • Pertama pegang sikat gigi pada sudut 45o dari garis gusi
  • Perlahan gerakkan sikat gigi ke belakang dengan perlahan
  • Jangkau hingga ke seluruh bagian gigi, mulai dari luar hingga dalam dan atas gigi geraham
  • Untuk membersihkan bagian depan, anda bisa memiringkan sikat gigi secara vertikal dan kemudian sikat naik turun

Selain itu, pastikan untuk menyikat gigi 3 dengan benar 2 kali sehari. Gunakan sikat gigi yang berbulu lembut agar dapat menjangkau hingga ke seluruh bagian. Jangan lupa untuk mengganti sikat gigi anda setiap 3-4 bulan sekali

2. Garam Halus

cara merontokkan karang gigi dengan garam halus

Selain menjadi bumbu dapur, garam juga bermanfaat untuk merontokkan karang gigi yang parah sekalipun. Penggunaannya pun juga cukup mudah, anda hanya perlu menyiapkan garam halus, air dingin, dan sikat gigi. Gunakan garam untuk pengganti pasta gigi. Gosok gigi dengan garam hingga ke seluruh bagian. Setelah itu kumur-kumur menggunakan air dingin. Untuk hasil yang maksimal, lakukan cara ini 2-3 kali dalam smeinggu.

3. Siwak

Mungkin sebagian besar dari anda sudah mengenal siwak, bahan ini dapat digunakan untuk menyikat gigi dan merontokkan karang gigi. Siwak berasal dari ranting pohon arak yang kebanyakn tumbuh di kawasan Afrika, Asia Barat, dan Arab. Siwak ampuh digunakan untuk merontokkan karang gigi karena kandungan enzim di dalamnya yang dapat mencegah munculnya plak. Tak hanya itu saja kandungan asam anti bakterinya berfungsi membunuh bakteri-bakteri jahat di dalam rongga mulut. Siwak juga mengandung bahan-bahan lain yang biasanya anda temukan di dalam pasta gig seperti potassium, flouride, tannin, sulfur, vitamin C, dan lainnya.

4. Baking Soda

cara merontokkan karang gigi dengan baking soda

Untuk menghilangkan karang gigi dan gigi menguning bisa nada coba dengan menggunakan baking soda. Anda bisa menjadikannya sebagai pasta gigi untuk memutihkan gigi dengan cepat. Bahkan karang gigi yang sudah mengeras sekalipun dapat teratasi dengan baking soda.
Anda bisa menyiapkan 1 sdm baking soda, sedikit garam, dan sedikit air. Aduk merata hingga bentuknya seperti pasta. Kemudian jadikan campurna ini sebagai pengganti pasta gigi. Sikat gigi selama 2 menit dan kemudian kumur. Lakukan cara ini rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Kulit Jeruk

Cara merontokkan karang gigi lainnya yang bisa anda lakukan adalah dengan memanfaatkan kulit jeruk. Jeruk merupakan buah dengan kandungan yang kaya akan vitamin dan nutrisi di dalamnya. Sebelum menggunakan kulit jeruk, bersihkan kulit jeruk terlebih dahulu. Kemudian gosokkan pada gigi hingga rata. Biarkan hingga semalam dan kemudian di keesokan paginya anda bisa berkumur. Lakukan setiap harinya sebelum tidur untuk hasil yang cepat dan maksimal.

6. Biji Wijen

cara merontokkan karang gigi dengan biji wijen

Mungkin hanya sedkit yang mengetahui tentang cara yang satu ini. biji wijen juga dapat anda manfaatkan untuk merontokkan karang gigi dengan mudah. Caranya pun tergolong mudah dan aman untuk dilakukan. Anda bisa menyiapkan ½ sdt biji wijen, sikat gigi, serta air hangat. Setelah itu kunyah biji wijen namun jangan sampai tertelan. Sikat gigi menggunakan sikat gigi yang kering untuk menghilangkan karang gigi. Dan terakhir kumur-kumur menggunakan air hangat.

7. Cengkeh

Menurut penelitian yang pernah dilakukan di India dan diterbitkan di Journal of Indian Society of Periodontology mengungkapkan bahwa cengkeh memiliki khasiat mengatasi sakit gigi dan plak atau karang. Kandungan senyawa didalamnya bertugas sebagai anti gingivitis dan anti plak.
Untuk membuat racikannya, anda bisa menghaluskan cengkeh terlebih dahulu dan kemudian ambil 1 sdt bubuk cengkeh. Campurkan bubuk cengkeh dan 5 tetes minyak zaitun, kemudian aduk merata. Setelah itu gunakan racikan tersebut untuk menggosok gigi seperti biasa.

8. Lidah Buaya

cara merontokkan karang gigi dengan lidah buaya

Lidah buaya memiliki kandungan anti mikroba dan anti bakteri yang mampu untuk mengatasi radang gusi, menghilangkan karang gigi dan juga plak yang mengeras. Untuk penggunaan lidah buaya ini pun juga cukup mudah, anda hanya perlu menggunakan bagian gel lidah buaya dan kemudian gosokkan menggunakan sikat ataupun tangan. Setelah itu tunggu selama 15 menit dan kemudian kumur dengan air bersih. Cara ini bisa anda lakukan 2-3 kali seminggu secara rutin sehingga karang gigi dapat rontok.

9. Cuka Putih

Bahan alami lainnya yang bisa anda gunakan untuk mengatasi karang gigi adalah cuka putih. Hal ini dikarenakan cuka putih mengandung asam yang cukup tinggi yang berfungsi membersihkan plak dan mencegah kerusakan yang terjadi pada enamel gigi. Anda bisa melaurtkan 1-2 sdt cuka putih dalam 1 cangkir air hangat dan tambahkan sedikit garam. Gunakan larutan ini untuk berkumur-kumur setiap harinya sampai karang gigi

10. Teh Hijau

The hijau tak hanya memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan. Kandungan di dalamnya ampuh menghambat pertumbuhan bakteri yang menjadi penyebab munculnya plak pada gig. Dan tak hanya itu saja, teh hijau juga bermanfaat menghilangkan karang gigi serta mencegah radang pada gusi. Untuk menggunakannya, anda bisa menggunakan rebusan dari teh hijau untuk berkumur secara rutin. Bahan ini pun juga aman dan tidak menimbulkan efek negatif.

11. Apel, Tomat Dan Strawberry

Kombinasi ketiga bahan ini juga dapat anda manfaatkan untuk membersihkan karang gigi dengan mudah dan cepat. Anda hanya perlu mengkonsumsi rutin apel, tomat dan strawberry tanpa harus mengupas kulitnya. Cara ini juga dapat membantu untuk memutihkan gigi yang menguning. Tentu saja cara ini cukup mudah, nikmat, dan sehat untuk anda lakukan.

Demikian tadi beberapa cara merontokkan karang gigi dengan cepat dan mudah menggunakan bahan-bahan alami. Selain itu anda juga perlu menjaga kebersihan gigi sehingga menghindari munculnya plak dan karang gigi. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda. Selamat mencoba!

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.